blank

SUARABARU.ID Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang masih membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2023-2024 hingga 31 Agustus 2023 mendatang. Adapun prodi yang dapat dipilih yakni Sarjana Pendidikan Dokter (Akreditasi Unggul), Profesi Dokter (Unggul), Sarjana Farmasi (Baik Sekali), Profesi Apoteker (Baik Sekali), Sarjana Kebidanan (Unggul), Profesi Bidan (Unggul), Sarjana Teknik Sipil (A), Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota (A), Sarjana Ilmu Hukum (Unggul), Sarjana Manajemen (Unggul), Sarjana Akuntansi (Unggul) , Diploma Tiga Akuntansi (Unggul), Sarjana Ahwal Syakhsiyah/ Hukum Keluarga (A), Sarjana Pendidikan Agama Islam (A), Sarjana Teknik Elektro (B), Sarjana Teknik Industri (B), Sarjana Teknik Informatika (B), Sarjana Psikologi (B), Sarjana Ilmu Keperawatan (Unggul), Profesi Ners (Unggul), Diploma Tiga Keperawatan (Unggul), Sarjana Sastra Inggris (A), Sarjana Ilmu Komunikasi (B), Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris (B), Sarjana Pendidikan Dokter Gigi (Unggul), Profesi Dokter Gigi (Unggul), Sarjana Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (Unggul), Sarjana Pendidikan Matematika (Baik Sekali), dan Sarjana PGSD (B).

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH (19/5/2023) menyatakan ada banyak keunggulan kuliah di Unissula. Keunggulan tersebut antara lain Universitasnya terakreditasi intitusi dengan predikat Unggul dari BAN PT. Demikian juga mayoritas prodinya terakreditasi Unggul atau A. Lulusannya mudah mencari pekerjaan dengan masa tunggu kurang dari tiga bulan.

Unissula juga unggul dalam perankingan perguruan tinggi di dunia. Antara lain berhasil meraih peringkat ke 28 nasional versi Webometrics yang dirilis Januari 2023.  Merupakan PTS terbaik di Semarang dan masuk jajaran 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Edurank 2023. PTS terbaik di Jateng versi Scimago Institutions Rankings kategori kinerja inovasi yang dipublikasikan bulan Maret 2023. PTS terbaik di Jawa Tengah berdasarkan perangkingan UI GreenMetric yang dipublikasikan Universitas Indonesia pada Desember 2022. Unissula juga mencetak mahasiswanya menjadi generasi yang taat pada kedua orang tua (birrul walidain). Demikian juga pendaftaran PMB nya mudah serta pembayarannya dapat diansur sehingga lebih ekonomis.

Ada tiga jalur yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru. Jalur tersebut adalah PMB Jalur Online, PMB Jalur Ujian Tertulis, dan PMB Jalur Beasiswa.

  1. PMB Jalur Online

PMB jalur online adalah seleksi masuk Unissula menggunakan nilai raport semester IV dan nilai ijasah.

Pendaftaran

Berikut prosedur pendaftarannya. Calon mahasiswa membeli PIN pendaftaran dengan mengisi formulir biodata nama, no whatsapp, alamat email dan pilihan program studi di laman pmb.unissula.ac.id.

Harga PIN Rp1.000.000 untuk Prodi S1 Kedokteran Umum dan S1 Prodi Kedokteran Gigi. Sementara untuk Prodi S1 Farmasi Rp500.000. Adapun harga PIN untuk prodi selain Kedokteran Umum, Prodi Kedokteran Gigi dan Farmasi adalah Rp250.000. Adapun cara pembayarannya tertera pada akun pendaftaran masing masing pendaftar.

Selanjutnya pendaftar melengkapi biodata pendaftaran dengan cara login melalui akun masing masing di link https://pendaftaran.unissula.ac.id.

Upload berkas

Langkah selanjutnya pendaftar mengupload berkas pendaftaran yang terdiri dari scan nilai raport semester IV kelas XII dan nilai ijasah dengan format PDF/PNG/JPEG. Scan identitas diri bisa KTP atau KTP sementara atau kartu pelajar.

Pengumuman Kelulusan

Adapun pengumuman kelulusannya bisa dilihat secara langsung melalui akun pendaftar masing masing setelah semua prosedur pendaftarannya terpenuhi pada hari yang sama.

Pendaftar yang dinyatakan lulus wajib melakukan registrasi dengan membayar biaya registrasi maksimal tujuh hari kerja. Adapun yang dibayar adalah 25% Dana Pengembangan Istitusi (DPI) 30% Uang Kuliah Tunggal (UKT), uang pangkal Rp 750.000 uang taaruf Rp 1.000.000 dan uang pesantren mahasiswa selama dua bulan besarannya 50% dari Rp3.750.000.

Khusus pendaftar di S1 Prodi Kedokteran Umum calon mahasiswa baru diwajibkan datang ke kampus Unissula untuk validasi berkas dan sidik jari maksimal satu hari sebelum hari H ujian.  Selanjutnya mengikuti ujian secara luring menggunakan Computer Based Test (CBT). Untuk jadwal ujian bagi prodi Kedokteran Umum akan dilakukan secara berkala sesuai jadwal yang telah ditentukan panitia.

  1. PMB Jalur Ujian Tertulis

PMB jalur Ujian Tertulis adalah seleksi masuk Unissula yang dengan cara calon mahasiswa baru mengikuti ujian secara tertulis di kampus Unissula Jln Raya Kaligawe KM 4 Semarang.

Pendaftaran

Berikut prosedur pendaftarannya. Calon mahasiswa membeli PIN pendaftaran dengan mengisi formulir biodata nama, no whatsapp, alamat email dan pilihan program studi di laman pmb.unissula.ac.id.

Harga PIN Rp1.000.000 untuk Prodi S1 Kedokteran Gigi. Sementara untuk Prodi S1 Farmasi Rp500.000. Adapun harga PIN untuk prodi selain Kedokteran Gigi dan Farmasi adalah Rp300.000. Cara pembayaran PIN tertera pada akun pendaftaran masing masing pendaftar.

Selanjutnya pendaftar melengkapi biodata pendaftaran dengan cara login melalui akun masing masing di link https://pendaftaran.unissula.ac.id.

Upload Berkas

Langkah selanjutnya pendaftar mengupload berkas pendaftaran yang terdiri dari scan nilai raport semester IV kelas XII dan nilai ijasah denagn format PDF/PNG/JPEG. Scan identitas diri bisa KTP atau KTP sementara atau kartu pelajar.

Pengumuman Kelulusan

Adapun pengumuman kelulusannya bisa dilihat setelah ujian melalui akun pendaftar masing masing dan website pmb.unissula.ac.id pada hari yang sama.

Pendaftar yang dinyatakan lulus wajib melakukan registrasi dengan membayar biaya registrasi maksimal tujuh hari kerja. Adapun yang dibayar adalah 25% Dana Pengembangan Istitusi (DPI) 30% Uang Kuliah Tunggal (UKT), uang pangkal Rp750.000 uang taaruf Rp1.000.000 dan uang pesantren mahasiswa selama dua bulan besarannya 50% dari Rp3.750.000.

  1. PMB Jalur Beasiswa

Ada banyak pilihan yang disediakan untuk calon mahasiswa baru jalur beasiswa.

Pertama, Beasiswa alumni SMA/SMA Islam Sultan Agung. Beasiswa ini diperuntukkan bagi calon pendaftar dari SMA/SMK Islam Sultan Agung yang berada dibawah yayasan yang sama dengan Unissula. Melampirkan data sebagai alumni atau siswa SMA/SMK Sultan Agung. Pendaftar yang diterima di beasiswa ini akan mendapat potongan DPI sebesar 50%.

Kedua, beasiswa Anak Alumni Unissula. Beasiswa ini diperuntukkan bagi anak alumni Unissula dibuktikan dengan ijasah salah satu orang tuanya yang alumni Unissula. Pendaftar yang diterima di beasiswa ini akan mendapatkan potongan DPI sebesar 30%.

Ketiga, beasiswa Cemerlang Internasional. Beasiswa ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang keilmuan, olahraga atau seni tingkat internasional sebagai juara 1,2 atau 3. Pendaftar yang diterima di beasiswa ini mendapat keringanan bebas DPI 100%.

Keempat, Beasiswa Cemerlang rata rata raport 85 atau prestasi nasional. Beasiswa ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki nilai raport rata rata minimal 85 pada semester 5 dan 6 kelas XII. Besiswa ini juga diperuntukkan bagi mereka yang memiliki prestasi di bidang keilmuan, olahraga atau seni juara 1 di tingkat Provinsi atau juara 1 atau II di tingkat nasional.  Pendaftar yang diterima di beasiswa ini akan mendapat keringan pembayaran DPI sebesar 50%.

Kelima, Beasiswa Santri. Beasiswa ini diberikan pada para santri. Pendftar melampirkan keterangan sebagai santri dari pengurus pondok pesantren tempat ia menuntut ilmu. Pendaftar yang diterima di beasiswa ini akan mendapat keringanan membayar DPI sebesar 30%.

Keenam, Beasiswa Unissula Berkhidmad. Calon mahasiswa baru yang diterima di beasiswa ini akan mendapat keringanan pembayaran DPI sebesar 25%. Diperuntukkan calon mahasiswa Fakultas Hukum jalur reguler dari anak penegak hukum (anak hakim, jaksa, TNI Polri dan Advocat). Melampirkan bukti KTA atau surat keterangan dari institusi terkait. Mahasiswa baru Fakultas Agama Islam jalur reguler anak kyai. Dibuktikan dengan surat keterangan dari institusi atau pondok pesantren. Mahasiswa baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) jalur reguler bagi anak guru. Pendaftar melampirkan surat keterangan dari institusi/sekolah. Mahasiswa baru Fakultas Ilmu Keperawatan jalur reguler bagi anak perawat. Pendaftar melampirkan surat keterangan dari institusi terkait Mahasiswa Prodi Kebidanan jalur reguler bagi anak bidan dan anak dosen Kebidanan tidak tetap. Pendaftar melampirkan surat keterangan bidan. Mahasiswa baru jalur reguler anak buruh tani, buruh pabrik, dan nelayan untuk semua prodi. Pendaftar melampirkan surat keterangan dari Kecamatan. Mahasiswa baru jalur reguler bagi anak duafa/ tidak mampu diberikan keringanan DPI sebesar 25%. Terbuka untuk semua prodi. Pendaftar melampirkan keterangan tidak mampu dari Kecamatan.

Ketujuh, Besiswa Hafidz. Hafidz 30 Juz. Mendapat keringanan DPI dan UKT 100%. Hafidz 26-29 juz. Mendapat keringanan berupa DPI 100% dan keringanan UKT 80%. Hafidz 21-25 juz. Mendapat keringanan DPI 100% dan potongan UKT 65%. Hafidz 16-20 juz. Mendapat keringanan DPI 100% dan keringanan UKT 50%. Hafidz 11-15 juz. Mendapat keringanan DPI 100% dan keringanan UKT 35%. Hafidz 5-10 juz. Mendapat keringanan DPI 100% dan keringanan UKT 20%.

Kedelapan, Beasiswa Khaira ummah. Adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi mereka yang  berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi. Pendaftar memiliki nilai rata rata rapor minimal 80 pada semester IV. Memiliki KIPK Kuliah atau surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari Kepala Desa atau Lurah setempat. Persyaratan lainnya yakni muslim/ Muslimah. Bersedia dikader menjadi mahasiswa Khaira ummah. Mereka yang diterima di beasiswa ini akan mendapat keringanan bebas biaya kuliah 100% dan mendapat living cost Rp500.000 perbulan.

Kesembilan, beasiswa KIPK. Merupakan beasiswa dari Pemerintah melalui Kemendikbudristek bekerjasama dengan Unissula yang diberikan kepada pendaftar yang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi. Pendaftar yang diterima pada beasiswa ini mendapat beasiswa kuliah 100% dan mendapat living cost. Beasiswa ini terbuka untuk semua prodi kecuali Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi dan Farmasi.

Syarat Umum

Syarat umum yang harus dipenuhi oleh pendaftar di jalur beasiswa adalah tercatat sebagai siswa siswi SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2022-2023 atau lulusan dua tahun sebelumnya.

Syarat Khusus.

Adapun syarat khusunya yakni disesuaikan berdasarkan pada masing masing jalur beasiswa atau dapat dilihat melalui linkhttps://s.id/beasiswaunissula2023.

Prosedur pendaftaran

Pertama, membeli PIN pendaftaran sebesar 250.000. Mengisi formulir biodata nama, no whatsapp, alamat email, dan pilihan prodi di https://pmb.unissula.ac.id (pilih jalur beasiswa). Khusus beasiswa KIPK gratis pin pendaftaran. Kedua, pendaftar mengupload dokumen pendukung sesuai dengan beasiswa yang dipilih. Untuk beasiswa Khaira ummah dan KIPK pengumuman kelulusannya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Sedangkan beasiswa Hafidz Al Qur’an pengumuman kelulusan ditentukan setelah calon penerima beasiswa dinyatakan lulus ujian hafidz Qur’an oleh panitia PMB. Adapun jadwal akan diberitahukan setelah pendaftar melengkapi berkas persyaratan.

Pengumuman kelulusan.

Mahasiswa yang lulus jalur beasiswa wajib melakukan registrasi maksimal 7 hari kerja setelah dinyatakan diterima sesuai dengan tagihan pada masing masing akun pendaftar. Semua pendaftar yang telah melakukan registrasi akan mendapat Nomor Induk Mahasiswa (NIM), Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan jas almamater yang akan diberikan menjelang pekan taaruf.

Hotline

Pendaftaran calon mahasiswa baru sewaktu waktu bisa ditutup jika kuota terpenuhi. Adapun informasi pendaftaran mahasiswa baru selanjutnya dapat diakses melalui hotline 0812 2011 062 hotline lainnya 0812 85555 62.