blank
Ilustrasi nyeri haid. Foto: Dok/Hellosehat

Kamu dapat mengganti kopi dan teh dengan minuman lemon hangat atau jahe yang bagus untuk nyeri haid. Jahe serta lemon dapat membantu mengurangi sakit perut dan memberi efek menenangkan.

Makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah juga dianjurkan saat kamu sedang mengalami nyeri haid. Meski tidak mengurangi nyeri, makanan ini membantu memberikan asupan vitamin dan mineral untuk tubuh.

7. Berhenti merokok
Selain buruk untuk kesehatan paru, rokok juga bisa memperparah nyeri haid. Pasalnya, rokok membatasi suplai oksigen ke panggul.

Oleh sebab itu, berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mengatasi nyeri haid jika kamu selama ini perokok aktif. Perempuan yang merokok juga dapat berisiko infertil alias tidak subur.

8. Mengurangi stres
Tahukah kamu bahwa stres pikiran bisa memicu sakit dan membuat kram perut bertambah parah? Ya, ini mungkin saja terjadi. Oleh sebab itu, cara efektif untuk meredakan atau mengatasi nyeri haid tentu saja dengan melakukan hal-hal yang bisa mengurangi stres.

Setiap orang pasti punya caranya sendiri untuk menghilangkan stres. Menonton film, berjalan-jalan santai, atau sekadar melakukan meditasi bisa jadi pilihan cara mengurangi stres.

Saat stres datang menyerang, kamu bisa mulai menarik napas dalam-dalam sambil diembuskan perlahan. Teknik pernapasan yang satu ini menjadi cara paling sederhana untuk mengusir stres dan meringankan beban di kepala.

9. Minum air putih
Dehidrasi atau kekurangan cairan adalah salah satu penyebab kram otot termasuk di perut. Minum air putih adalah solusi yang sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mencukupi asupan cairan tubuh menjadi kunci penting untuk meredakan kram perut saat haid.

Dengan minum banyak air putih, tubuh terhindar dari kram yang menyakitkan. Selain air putih, kamu juga bisa minum jus murni tanpa tambahan gula sebagai salah satu cara dalam meredakan nyeri haid.

Jika berbagai cara ini tak juga meredakan nyeri haid kamu, barulah minum obat pereda nyeri. Obat golongan NSAID seperti ibuprofen yang dijual bebas di pasaran bisa kamu coba. Hanya saja, akan lebih baik lagi jika kamu berkonsultasi dulu ke dokter untuk mencari tahu dosis yang tepat.

Sebenarnya, tidak ada cara ampuh untuk menghilangkan nyeri haid atau mestruasi. Namun, upaya-upaya yang bisa kamu lakukan setidaknya bisa membantu mengurangi atau meredakan nyeri haid agar tak mengganggu aktivitas harian.

Itulah beberapa cara untuk membantu meredakan nyeri haid yang bisa kamu coba, selain minum obat-obatan pereda nyeri. Kamu bisa menyesuaikan cara apa yang paling tepat untuk kamu dalam mengatasi gejala PMS yang mungkin mengganggu kamu saat menstruasi.

Ning S