blank
Ilustrasi nyeri haid. Foto: Dok/Hellosehat

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagi wanita, nyeri haid sering menjadi langganan keluhan setiap bulannya. Diketahui sekitar 45-93% wanita mengalami nyeri haid ringan, sedangkan 3-33% mengalami gejala yang parah.

Dilansir dari Hellosehat, ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk meredakan nyeri haid. Beberapa hari menjelang haid, tubuh akan menaikkan produksi hormon prostaglandin yang membuat rahim terus berkontraksi dan menegang.

Ini mengakibatkan munculnya nyeri haid alias PMS yang tidak dapat terhindari. Sebelum buru-buru minum obat, ada baiknya kamu mencoba dulu berbagai cara berikut untuk membantu mengatasi nyeri haid.

1. Olahraga ringan
Olahraga ringan bisa jadi cara sehat untuk meredakan nyeri haid. Ini karena berolahraga bisa membuat peredaran darah kamu lebih lancar, mengendurkan otot, serta meningkatkan suplai darah ke panggul.

Selain itu, hormon endorfin yang dihasilkan saat berolahraga berfungsi sebagai pereda nyeri alami. Hormon endorfin tersebut dapat membantu mengurangi efek hormon prostaglandin. Prostaglandin adalah hormon yang membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan kram.

Itulah mengapa olahraga juga membantu memperbaiki suasana hati (mood) yang tak karuan saat haid. Ada banyak pilihan olahraga yang aman dan kamu bisa lakukan saat haid. Ambil contohnya, joging ringan, jalan kaki, atau senam.

Kamu bisa membiasakan olahraga secara teratur sejak sebelum dan selama haid.

2. Mengompres perut
Saat haid terasa menyakitkan, cobalah mengompres perut dengan botol berisi air hangat. Suhu panasnya akan membantu melemaskan otot rahim yang tegang sehingga mengurangi rasa sakit.

Tempelkan botol berisi air hangat yang dibalut waslap setiap kali perut terasa nyeri. Kamu bisa mengulangnya sesering mungkin. Cara ini dapat membantu meredakan nyeri haid tanpa menimbulkan efek samping apa pun.

Selain itu, coba untuk mandi atau berendam air hangat saat haid. Mandi air hangat tak hanya membuat nyeri berkurang, tetapi juga merilekskan tubuh dan pikiran. Mandi air hangat juga membantu mengendurkan otot-otot di perut, punggung, dan kaki.

3. Minum teh chamomile
Sebuah studi terbitan Journal of Pharmacopuncture menyebut, teh beraroma bunga ini mampu membantu mengurangi nyeri haid yang bukan dipicu penyakit.

Teh chamomile diteliti mengandung senyawa anti-inflamasi, antispasmodik, sedatif, dan antikecemasan yang secara signifikan berdampak pada nyeri haid. Senyawa antiradang ini dapat membantu mengurangi produksi prostaglandin sehingga berpotensi meredakan nyeri haid.