blank
Ketua PkM USM, Vensy Vydia MKom memberikan materi dalam Pelatihan Digital Marketing kepada 60 pelaku UMKM binaan Serabut Nusa di Gedung PLUT Kabupaten Semarang pada 16 Mei 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Digital Marketing kepada 60 pelaku UMKM binaan Serabut Nusa di Gedung PLUT Kabupaten Semarang pada 16 Mei 2023.

Kegiatan yang didanai oleh Universitas Semarang itu mengambil tema ”Optimalisasi Digital Marketing melalui Platform Instgram dan Tiktok sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM”.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Vensy Vydia MKom, anggota Victor Gayuh Utomo ST MKom, Shona Chavy Bilqish SKom MCs, dan Edy Nurwahyu Yulianto SIKom MSi.

blank
Tim PkM USM foto bersama pelaku UMKM binaan Serabut Nusa seusai Pelatihan Digital Marketing di Gedung PLUT Kabupaten Semarang pada 16 Mei 2023. (Foto:News Pool USM)

Menurut Vensy, dalam pelaksanaan kegiatan, tim PkM USM menggandeng Serabut Nusa bersama USM, dan Coca Cola Euro Pacific Partners Indonesia, UMKM Center Kabupaten Semarang, dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI).

Dalam konteks kolaborasi pentahelix, pelatihan digital marketing dengan fokus pada penggunaan Instagram dan TikTok sebagai media pemasaran dapat menjadi langkah awal untuk memperkuat ekosistem bisnis online di Indonesia.

”Kami berharap, dengan memanfaatkan kedua platform tersebut secara efektif, UMKM binaan Serabut Nusa dapat meningkatkan visibilitas bisnis mereka dan menjangkau pasar yang lebih luas,” kata Vensy.

Dia mengatakan, dalam pelatihan digital marketing ini, pihaknya membahas cara memanfaatkan Instagram dan TikTok sebagai media pemasaran untuk bisnis.

Pihaknya membahas beberapa strategi pemasaran dan tips yang dapat membantu mereka meningkatkan visibilitas bisnis mereka di kedua platform tersebut.

”Instagram adalah platform media sosial berbasis gambar yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya. Oleh karena itu, Instagram dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk memasarkan bisnis mereka,” ujarnya.

Dalam era digital saat ini, katanya, media sosial menjadi salah satu cara paling efektif untuk memasarkan produk. Dua platform media sosial yang paling populer saat ini adalah Instagram dan TikTok.

”Instagram dan TikTok memiliki pengguna aktif yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia. Oleh karena itu, mereka dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam pemasaran digital,” ungkapnya.

Muhaimin