blank
Ilustrasi Astronomi Islam.

JEPARA (SUARABARU)- Salah satu program kerja Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Jepara di tahun 2023 ini adalah menggelar pelatihan untuk para kader Falak. Hal ini terungkap dalam rapat pengurus LFNU Jepara, Kamis (18/5/2023).

Rapat rutin yang dihadiri dan dipimpin langsung oleh Ketua  LFNU Jepara, Hudi, S.HI., M.S.I, juga dihadiri para pengurus cabang LFNU dan sebagian kader Falak Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ (Unisnu) Jepara.

Menurut Ketua LFNU Jepara, Hudi, sapaan akrabnya, pelatihan Falak ini menggunakan materi Kitab Syamsul Hilal juz 2 karya KH. Noor Ahmad SS Kriyan. “Peserta setiap MWC NU mendelegasikan 6 Kader Muda yang berusia maksimal 26 (كو) tahun”, ujar Hudi.

Lebih lanjut Hudi mengatakan waktu pelaksanan pelatihan ini dijadikan dua zona, pertama zona Utara meliputi delapan kecamatan yaitu Karimunjawa, Donorojo, Keling, Kembang, Bangsri, Mlonggo, Pakis Aji, Jepara. Dengan waktu pelaksanaan minggu keempat bulan Juni 2023.

Sedangkan Kedua: Zona Selatan yang meliputan delapan kecamatan yaitu Tahunan, Batealit, Pecangaan, Kedung, Kalinyamatan, Welahan, Mayong, Nalumsari dengan waktu pada minggu pertama bulan Juli 2023.

Program kerja LFNU Jepara lainya yang sedang dalam proses ialah pembuatan master kalender 2024. Yang ditujukan untuk rujukan semua MWC NU, Banom, Lembaga yang berada di bawah naungan PCNU Jepara.

“Pada master kalender 2024  yang akan disusun ini, al-manaknya menggunakan markaz atau titik kordinat Gedung PCNU Jepara. Terdapat keterangan harlah semua banom dan lembaga NU, juga akan terdapat keterangan haul para pejuang NU di kabupaten Jepara”, lanjut Hudi.

“Dalam rapat tersebut juga terdapat evaluasi dan koordinasi perjalanan kepengurusan selama setahun ini, dan kesimpulan sesi ini diharapkan semua pengurus lebih merasa memiliki pada organisasi sehingga terasa ringan dalam mengabdi pada NU”, pungkas Hudi.

ua