blank
Kapolres Klaten AKBP Warsono SH, SIK, MH didampingi Wakapolres Kompol Tri Wakhyuni dan sejumlah PJU Polres setempat tengah berbincang dengan pengurus/ jemaat gereja terkait keamanan dan kelancaran pelaksanaan ibadah dalam rangka memperingati Kenaikan Isa Almasih. Foto:ResKlt

KLATEN (SUARABARU.ID)-Kepolisian Resor (Polres) Klaten menggelar pengamanan terhadap sejumlah gereja di wilayah setempat yang menggelar ibadah dalam rangka peringatan Kenaikan Isa Almasih.

Kegiatan melibatkan sekitar 136 personil dipimpin Kapolres Klaten AKBP Warsono SH., SIK., MH dan berlangsung dua hari hingga Kamis (18/5/2023).

Menurut Kasihumas Iptu Abdillah SH MH, pengamanan ibadah memperingati Kenaikan Isa Almasih mendapat perhatian khusus Kapolres Klaten dengan melakukan pengecekan langsung terkait pelaksanaannya.

Pola pengamanan bersifat terbuka dan tertutup. Selain pengamanan di dalam gereja, personel gabungan juga melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar area gereja.

Tujuannya untuk memastikan kelancaran aktifitas masyarakat mengingat beberapa gereja lokasinya berada pada jalur padat lalu lintas.

Pagi ini ada 10 gereja prioritas yang kita amankan. Personel yang kita ploting sebanyak 136 orang dan dipimpin langsung bapak Kapolres Klaten.

“Seluruh pelaksanaan ibadah misa berjalan aman dan lancar. Ini tak lepas dari bantuan dan sinergi dari TNI khususnya Kodim 0723/Klaten dan juga pam swakarsa yang sudah terlibat pengamanan dari awal hingga hari kedua ini,” kata Kasihumas Polres Klaten.

Iptu Abdillah SH MH menambahkan, pengamanan gereja dalam rangka ibadah memperingati Kenaikan Isa Almasih juga dilakukan sehari sebelumnya.

Saat itu sebanyak delapan gereja menjadi obyek pengamanan. Di antaranya Gereja Maria Asumta, Gereja Ignatius Ketandan, Gereja Santo Yusuf Senden, Gereja St Yusuf Pekerja Gondang, Gereja Kapel Santo Yusuf, Gereja Santo Yohanes Rosul, Gereja Santa Maria Ratu dan Gereja Roh Kudus Kebonarum.
Bagus Adji