Tim PkM yang terdiri atas dosen FT USM berfoto bersama peserta seusai Sosialisasi Pembuatan Telur Asin dengan Media Air kepada warga RW V Pindrikan Lor, Semarang pada 17 Mei 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri atas dosen Fakultas Teknik Universitas Semarang mengadakan Sosialisasi Pembuatan Telur Asin dengan Media Air kepada warga RW V Pindrikan Lor, Semarang pada 17 Mei 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Ir. Istianah, M.T, anggota Prof. Dr. Ir. Mudjiastuti Handajani M.T dan Dr. Adolf Situmorang, S.T., M.T.

Kegiatan dihadiri Lurah Pindrikan Lor, Wisnu Effendi, S.E, MSi, Kasi Sosial Sugiyono, Ketua RW V Agus Muldiyanto, serta ibu PKK RW 5 Pindrikan Lor.

”Tujuan kegiatan adalah memberikan keterampilan (soft skill) tentang cara membuat telur asin dengan media air, utk ibu-ibu di wilayah RW V Pindrikan Lor,” katanya.

Dia berharap, kegiatan tersebut para peserta yang terdiri atas ibu-ibu mendapatkan pemahaman tentang pembuatan pembuatan telur asin dengan media air. Dengan begitu, peserta dapat menularkan ilmunya kepada warga yang lain.

”Manfaat kegiatan itu agar warga dapat membuat telur asin dengan media air dengan berbagai macam rasa seperti, asin, pedas, dan gurih, sesuai yang dikehendaki. Selain itu juga hasilnya selain untuk sendiri, juga bisa dijual sebagai income tambahan,” jelasnya.

Dia mengatakan, materi kegiatan meliputi penjelasan tentang bahan-bahan yang dapat dibuat untuk telur asin dengan rasa sesuai selera.

”Sasaran pengabdian adalah ibu-ibu rumah tangga agar dapat membuat telur asin sendiri, baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk dijual,” ungkapnya.

Muhaimin