blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan sambutan dalam kegiatan Presstour Bidhumas Polda Jateng tahun 2023 di Melva Balemong Resor Kabupaten Semarang. Foto: Ning s

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Netralitas dalam pemberitaan menjadi kunci utama dalam upaya menjaga kondusifitas setiap pentahapan Pemilu 2024.

Hal ini menjadi tugas mulia yang harus dilakukan secara sinergi oleh Humas TNI-Polri dan awak media untuk mencegah polarisasi dan menciptakan suasana sejuk di masyarakat.

Hal itu ditekankan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan sambutan dalam kegiatan Presstour Bidhumas Polda Jateng tahun 2023 yang berlangsung di Melva Balemong Resor Kabupaten Semarang pada Selasa (16/5/2023).

Dalam kegiatan Presstour Bidhumas Polda Jateng tersebut dihadiri oleh PJU Polda Jateng, Kapolres Ekswil Semarang, Kapendam beserta jajaran staf, Pen Lanal, serta Pimpinan Redaksi dan awak media mitra Polda Jateng dari Kota Semarang, Surakarta, Grobogan hingga Tegal.

Dalam acara yang digelar dalam suasana sejuk dan akrab tersebut, Kapolda memberikan Brainstorming kepada para awak media dan Pimpinan Redaksi.

“Ada tugas mulia yang dilaksanakan oleh Humas Polri, TNI dan wartawan yang harus sejalan dan seirama dalam melakukan penetrasi berita di setiap tahapan Pemilu, untuk menciptakan suasana sejuk di masyarakat,” ungkap Luthfi.

Luthfi menyebut peran serta awak media sangat penting dalam penerbitan berbagai berita nasional, termasuk prestasi ungkap kasus yang dilakukan Polri.

Menurut Kapolda, berkat pemberitaan yang produktif dan objektif, kepuasan masyarakat dalam penanganan arus mudik dan balik mencapai 89,5 persen.

“Tentu ini tidak lepas dari peran wartawan melakukan penetrasi pemberitaan di masyarakat berita mudik secara terang benderang di masyarakat,” lanjutnya.

Kapolda mengatakan, untuk mencegah terjadinya polarisasi dan sebagai upaya cooling system di masyarakat dalam pentahapan Pemilu 2024, penanganan dunia maya menjadi prioritas utama, karena dunia maya merupakan sarana utama pemberitaan saat Pemilu nanti.

“Sehingga perlu adanya kerja sama antara Humas Polri dan media dalam melakukan penetrasi pemberitaan di dunia maya,” tambahnya.

Dengan memperbanyak upaya cooling system dan menjadi penengah di masyarakat, diharapkan mampu menciptakan suasana sejuk di masyarakat selama tahapan Pemilu.

Kapolda menegaskan, netralitas tetap menjadi kunci utama dalam upaya Polri mensukseskan setiap tahapan Pemilu. “Kuncinya ada tiga. Pertama netral, kedua netral dan ketiga netral. Itu jawabannya,” tegas Kapolda.

Netralitas, menurut Kapolda merupakan harga mati bagi TNI- Polri, termasuk dalam pemberitaan di masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara fun game dan pembagian ratusan doorprize yang mendapat apresiasi dari para awak media yang mengikuti kegiatan.

“Semua (rekan wartawan) senang, full senyum. Matursuwun untuk Humas Polda Jateng,” ujar Herjoko, wartawan senior dari Jakartapost.

Ning S