blank
Ilustrasi awet muda. Foto: Dok/Klikdokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Banyak orang ingin terlihat awet muda. Sebenarnya, cara untuk awet muda cukup mudah, karena bisa kamu lakukan rutin di rumah.

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat hingga menggunakan skincare tepat sesuai jenis kulit bisa kamu lakukan. Lalu apa saja tips agar terlihat awet muda?

Dilansir dari klikdokter, ini tips awet muda, mudah dan efektif yang bisa kamu lakukan.

1. Perhatikan makanan
Cara pertama yang bisa dilakukan agar kamu awet muda adalah dengan memperhatikan asupan makanan.

Pastikan kamu memiliki pola makan yang sehat. Penuhi kebutuhan gizi seimbang dari setiap porsi makanan kamu.

Hindari konsumsi makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat. Singkirkan pula makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan yang digoreng, jeroan, dan daging merah.

Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur sehingga kebutuhan vitamin, mineral, dan serat kamu terpenuhi dengan baik.

2. Konsumsi Omega-3
Resep awet muda dan cantik secara alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi omega-3. Selain bagus untuk kulit, omega-3 berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung kamu.

Omega-3 dapat ditemukan pada salmon, kacang walnut, biji-bijian, dan suplemen kesehatan yang banyak dijual di pasaran. Rutin mengkonsumsi asupan kaya omega-3 dapat membantu kamu tetap awet muda.

3. Hindari stres
Menjaga kesehatan mental bisa bikin kamu tetap awet muda. Hindarilah stres berlebih. Ketika menghadapi masalah, sebaiknya tidak sedih atau frustrasi berlarut-larut.