blank
dosen FT USM Harmini, ST, M.Eng dan PV Engineer PT. Tripower Solar Nusantara (SonusID), Tito Yosoya foto bersama seusai Pelatihan Energy Hack 5.0 Solar PV System di Hotel Dafam Semarang pada 13 Mei 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- PT Tripower Solar Nusantara (SonusID) dapat berpartisipasi dalam kegiatan praktisi mengajar di Teknik Elektro untuk mata kuliah dasar Konversi Energi, Renewable Energy maupun Kewirausahaan.

Pasalnya, ilmu dari praktisi ini sangat menunjang dalam meningkatkan kemampuan dunia pekerjaan bagi mahasiswa.

Hal itu diungkapkan dosen FT USM Harmini, ST, M.Eng dalam Pelatihan Energy Hack 5.0 Solar PV System di Hotel Dafam Semarang pada 13 Mei 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri PV Engineer PT. Tripower Solar Nusantara (SonusID), Tito Yosoya, Business Development Achferi Suaka Aji S.M.B, Direktur Teknis dan Operasional Aditya Perdana SE MM, Business Head Jericho Prathama dan Co-Founder dosen FT USM Satria Pinandita ST M.Eng.

”Tujuan pelatihan Energy Hack supaya masyarakat awam punya bekal pemahaman teknis mengenai PLTS yang benar sekaligus memiliki kemampuan untuk menghitung kebutuhan PLTS Atap On Grid dengan mudah. Itu sebabnya teori sengaja diberikan oleh akademisi yang sesuai bidangnya serta PV Engineer berpengalaman untuk penerapannya. Sedangkan kalkulator PLTS disusun untuk memudahkan masyarakat menghitung biaya pembangunan yang lebih presisi,” ujarnya.

Dia mengatakan, Energy Hack 5.0 juga melakukan “bongkar dapur” untuk membantu masyarakat terjebak “harga”. Selain itu juga lebih memahami isu-isu terkait prosedur serta perizinan PLTS Atap On Grid.

Dia berharap, masyarakat awam (rumah tangga maupun industri) bisa menganalisis kebutuhan PLTS-nya secara mandiri dengan lebih baik dan lebih presisi melalui edukasi yang diberikan melalui Energy Hack 5.0.

”Kami berharap, melalui kegiatan ini mahasiswa mampu memahami bagaimana prinsip kerja PLTS, jenis jenis system PLTS, komponen utama dalam membangun PLTS, merencanakan dan menginstalasi PLTS baik yang on grid maupun off grid,” ungkapnya.

Selain itu, katanya, pihaknya berharap mahasiswa juga mampu meningkatkan jiwa entrepreneurship khususnya dalam mengembangkan usaha di sektor energy PLTS di era transisi energy di Indonesia. Manfaat yang lain mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan secara praktik dan mengimplentasikan teori yang di dapatkan dari teknik elektro USM.

”Semoga kerja sama yang terjalin antara USM dengan Tripower Solar Nusantara segera ditindaklanjuti dalam kegiatan magang 4 hingga 5 bulan sehingga nantinya dapat dikonversi ke dalam 20 SKS untuk menunjang pelaksanaan MBKM di USM dan Teknik Elektro pada khususnya. Selain itu juga mendukung Teknik Elektro yang berhasil memenangkan hibah PKKM tahun 2023 dimana salah satu kegiatan adalah magang industri,” tandasnya.

Muhaimin