Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Sekretariat Daerah (Sekda) Jateng Sumarno serta Wali Kota Semarang Hervearita Gunaryanti Rahayu, sebelum serentak kompak menanam bibit Mangrove di pesisir Pantai Tirang Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Senin (15/5/2023). Foto : Dok Pendam IV/Diponegoro 
SEMARANG (SUARABARU.ID)  – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan Sekretariat Daerah (Sekda) Jateng Sumarno, serentak kompak menanam bibit Mangrove di pesisir Pantai Tirang Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Senin (15/5/2023).
Kegiatan tersebut juga serentak secara nasional, yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan secara terpusat di Taman Wisata Alam di Angke Kapuk, Jakarta Utara, dalam agenda penanaman Bibit Mangrove Nasional dan diikuti oleh seluruh satuan jajaran TNI secara virtual yang melaksanakan penanaman di 370 lokasi, yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan jumlah 1.100.169 bibit.
Penanaman bibit mangrove secara nasional tersebut, selain bertujuan untuk pencegahan abrasi pantai, juga sekaligus mendukung program pemerintah untuk Indonesia nol emisi karbon di tahun 2060.
Di dalam sambutannya, Presiden RI menekankan pentingnya penanaman mangrove dan rehabilitasi hutan mangrove untuk kepentingan ekosistem.
“Proses menanam hutan mangrove tak hanya di sini saja, tapi di semua tempat harus terus dilakukan. Ini untuk melindungi pesisir kita,” pesan Presiden.