blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri atas mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (Ilkom USM) foto bersama seusai Pelatihan Publik Speaking bagi siswa SMA Kesatrian 2 Kota Semarang pada 10 Mei 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri atas mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (Ilkom USM) menggelar Pelatihan Publik Speaking bagi siswa SMA Kesatrian 2 Kota Semarang pada 10 Mei 2023.

Tim PkM terdiri atas Ketua Dea Nursewa, anggota Sri Hartati, Anggi Arji Hapsari, Ignas Aditya, Rahman Faishal, Daniel Niko, Athalla Alifrafi, Faisal Hery dan Rovino Adrian.

Ketua PkM, Dea Nursewa mengatakan, tujuan kegiatan untuk memberikan bekal atau wawasan tambahan tentang pentingnya belajar Publik Speaking bagi pelajar SMA 2 Kesatrian Kota Semarang.

”Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kami sebagai mahasiswa yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Selain itu juga memberikan soft skill kepada pelajar SMA 2 Kesatrian Semarang agar lebih tahu bagaimana publik speaking yang benar,” katanya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini para siswa siswa SMA Kesatrian 2 Kota Semarang dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang publik speaking.

Sementara itu, Defani Rahmadani Siswi Kesatrian 2 Semarang mengatakan, berkat kegiatan ini dia dapat menambah pengetahuan dalam ilmu berkomunikasi.

”Saya sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. Saya dapat memahami bagaimana cara publik speaking yang baik dan mengerti apa itu public speaking, public speaker, MC, presenter serta yang lain. Dari pelatihan ini, saya dapat menambah mental dan skill dalam berkomunikasi,” ucapnya.

Hal serupa dikatakan siswa Kesatrian 2 Semarang, Aldentiar Rafif Maheswara. Menurutnya, pelatihan ini bermanfaat untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

”Pelatihan publik speaking ini sangat bermanfaat, menambah ilmu dan wawasan untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Muhaimin