blank
Ilustrasi kulit kering bersisik. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kulit kamu mengalami gatal, kering dan bersisik? Selain bikin kulit jadi kering dan bersisik, eksim atopik juga ditandai dengan munculnya ruam kulit dan rasa gatal yang terus-menerus.

Ruam dan rasa gatal akibat penyakit kulit ini bisa muncul di satu atau lebih area kulit, dan semakin terasa memburuk saat malam hari. Pada beberapa kasus, kulit yang bermasalah bahkan dapat menimbulkan rasa sakit, dan berdarah.

Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, ada beberapa faktor yang diduga memicu munculnya kondisi ini, yaitu cuaca,
makanan, bulu hewan, dan bahan pakaian yang digunakan.

Bagaimana cara mengatasinya? Melansir dari Halodoc.com,
penanganan eksim atopik utamanya bertujuan untuk meredakan gejala yang muncul. Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk meredakan gejala eksim atopik, mulai dari perawatan mandiri di rumah hingga pemberian obat. Dokter akan menentukan metode penanganan yang sesuai dengan kondisi pengidap.

Selama pengobatan, pengidap dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus menghindari faktor yang dapat memicu atau memperburuk kondisi. Menghindari faktor pemicu dapat dilakukan dengan mengganti sabun, menggunakan pelembap kulit setelah mandi, atau tidak menggunakan bahan pakaian yang bisa menimbulkan ruam.

Penanganan gejala dapat dilakukan dengan pemberian obat dalam bentuk oles, minum, atau suntik. Dokter kulit akan meresepkan obat sesuai dengan gejala yang dialami pengidap.

Beberapa contoh obat tersebut antara lain,

1. Kortikosteroid, misalnya methylprednisolone. Obat ini digunakan untuk meredakan inflamasi.

2. Tacrolimus. Obat ini digunakan untuk meredakan gejala gatal sekaligus memperbaiki kulit rusak.

3. Antibiotik, seperti amoxicillin dan ciprofloxacin. Obat ini digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri akibat terus menggaruk.