blank
Ilustrasi ramuan antiaging. Foto: Dok/Hellosehat

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Saat proses penuaan, tubuh manusia baik dari dalam maupun penampilan akan mengalami berbagai perubahan. Saat usia bertambah, kamu akan menghadapi perubahan pada sel-sel tubuh, jaringan, dan organ.

Massa otot mulai menurun, kulit mengeriput, metabolisme melambat, dan mungkin menjadi rentan terhadap beberapa penyakit. Karena itu, upaya memperlambat proses penuaan dapat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Melansir dari Hellosehat, ada tanaman herbal yang bisa membantu memperlambat proses penuaan, agar tubuh tetap sehat dan awet muda.

Garis halus di sekitar mata, flek hitam di kulit, dan keriput-keriput merupakan tanda penuaan yang sering kali menjadi perhatian. Fakta bahwa kulit adalah organ yang paling bisa kita lihat langsung perubahannya, membuat kita sadar akan proses penuaan setiap menitnya.

Namun sebetulnya penuaan itu bukan terjadi pada kulit dan penampinal fisik saja. Proses penuaan fisik itu sangat kompleks karena adanya degenerasi sel yang bertambah tua.

Banyak faktor yang mempengaruhi cepatnya proses penuaan, di antaranya makanan yang dikonsumsi, gaya hidup, pikiran stres, polusi, dan radikal bebas. Selain itu, kondisi ketika sistem imun menurun dan terjadi peradangan (inflamasi) dalam tubuh bisa membuat kerusakan sel yang juga berpengaruh terhadap proses penuaan.

Karena itu, upaya untuk memperlambat prosesnya juga harus dilakukan secara holistik. Mulai dari mengkonsumsi makanan sehat, tidur cukup, hingga aktivitas fisik atau olahraga seimbang. Ketiga hal ini adalah health triangle yang paling berpengaruh dalam proses regenarasi sel-sel yang rusak.

Tubuh merespons makanan tidak sehat seperti junk food dan makanan berpengawet sebagai benda asing. Kondisi ini membuat sistem imun atau kekebalan tubuh bekerja keras dan secara tidak langsung bisa menjadi penyebab kerusakan sel dan terjadinya penuaan dini.