blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Minggu (14/5/2023) malam menjadi malamnya para wibu atau pecinta budaya Jepang, terutama para cosplayer hingga penggemar anime dan manga. Hal ini lantaran di Ventura Garden digelar acara Go Ndezu Japan Night.

Lagu Pegasus Fantasy dari band Jepang, Make-Up, yang menjadi opening soundtrack anime Saint Seiya Knights of the Zodiac berkumandang keras dengan iringan koor para penggemar anime yang hadir.

Tak ketinggalan, sejumlah anak-anak muda Kota Semarang dan sekitarnya juga berdatangan lengkap dengan mengenakan kostum cosplay tokoh-tokoh karakter dalam anime atau manga Jepang.

“Komunitas Jepang salah satu komunitas besar di Kota Semarang, hari ini kita kolaborasi dengan Hocer Semarang, yang pertama ada cross working, orang pakai cosplay jalan jalan, terus ada band kompetisi, ada show cash juga dan banyak yang lainnya,” kata Alif Mukmin selaku panitia dari EO Gondez Semarang.

blank

Bekerjasama dengan komunitas HoCer (Hobi Ceria) yang merupakan wadah berkumpulnya para Wibu di Kota Semarang dan sekitarnya, acara tersebut diramaikan dengan berbagai kegiatan dan hiburan, seperti hadirnya band Dua Serupa, The Satria dan Gost.

Ketua Komunitas Hocer, Fahreza Naza, mengatakan, dirinya mewakili komunitas menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang diadakan Gondez Semarang tersebut, terutama bisa memberi kesempatan manggung kepada para anggota komunitas dan penggemar budaya Jepang.

“Selama ini komunitas cosplayer sering dianggap minoritas oleh Kota Semarang, melalui Go Ndezu Japan Night ini jadi wadah buat kami menikmati dan mengembangkan bakat,” katanya menjelaskan.

Lebih jauh Reza berharap, kedepannya di event-event berikutnya acara tersebut dapat menghadirkan band ternama dari Jepang, sehingga nantinya bakal dibuat event yang lebih besar dan menghadirkan tiga komunitas sekaligus.

“Bukan tak mungkin kalau band dari Jepang bisa hadir di Semarang, apalagi kita punya link ke sana jika ada yang mensponsori. Kebetulan kami ada beberapa teman yang kenal dengan band Jepang sana,” katanya.

Sementara itu, Salsa Raya, salah seorang cosplayer yang datang jauh dari Sidoarjo ke acara Go Ndezu Japan Night tersebut mengatakan, dirinya senang bisa datang ikut serta dalam acara tersebut. Datang bersama ibunya, Salsa tampil mengenakan kostum karakter Uta dari anime One Piece RED.

“Tau cosplay karena dikenalkan bunda yang suka anime terus suka buat kostum sendiri, dengan adanya acara ini dapat menyalurkan hobi. Dulunya model, lalu lihat cosplay lucu juga terus ikut, senang cosplayan sudah sebulam ini, ada juga keinginan jadi selebgram cosplay,” katanya.

Hery Priyono