blank
Para peserta lomba gerak jalan napak tilas, ada yang mengenakan busana Ditya Kala Rewanda (prajurit raksasa kera) bersenjatakan gada, membawa serta lambang Wonogiri dan logo hari jadi.(Dok.Prokopim Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Regu dari Dinas Pendidikan (Disdik) Korwil Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, berhasil meraih gelar juara pertama dalam lomba gerak jalan napak tilas Sambernyawa memperingati Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Ke-282 Tahun 2023. Tampil dengan nomor dada 57, berhasil meraih nilai tertinggi sebanyak 80.

Masih dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Ke-282, di Pendapa Kabupaten Wonogiri, dipentaskan pagelaran wayang kulit oleh trio dalang remaja. Untuk festival reog dan festival band, digelar di panggung Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati.

Bagian Prokopim Pemkab dan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Kabupaten Wonogiri, menyatakan, untuk gelar Juara II dan III napak tilas dimenangi oleh Regu dari Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Puskesmas Wonogiri-I. Regu dengan nomor dada 84 ini, meraih nilai 79. Juara III diraih oleh Putra Disdukcapil dengan nomor dada 1 mendapatkan nilai 75.

Penilaian didasarkan aspek kerapian, kekompakan dan ketepatan waktu. Lomba gerak jalan ini diikuti 123 regu, dilepas keberangkatannya oleh Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno. Mengambil start dari depan Monumen Batu Gilang Nglaroh, Desa Pule, Kecamatan Selogiri, dan finish di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri.

Sementara itu, dalam memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Ke-282, dipentaskan pagelaran wayang kulit menampilkan tiga dalang remaja. Terdiri atas Yhovian Gizi Untoro siswa dari SMP Negeri 3 Pracimantoro, bersama Janeswara Rizza Saputra (SMP Negeri 2 Pracimantoro) dan Aziz Japa Wicaksana (SMP Negeri 1 Eromoko).

Pagelaran wayang kulit dengan trio dalang remaja ini, menyajikan Lakon ‘Rama Tambak.’ Diiringi para pengrawit dan pesindhen siswa-siswi dari SMP Negeri 3 Pracimantoro, Wonogiri, di bawah asuhan pelatih Seniman Pengrawit Sarwadi.

Bambang Pur