blank
Ilustrasi jambu mete. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jambu mete atau yang lebih dikenal dengan jambu monyet merupakan salah satu jenis buah yang banyak ditemukan di Indonesia. Jambu mete umumnya diolah menjadi kacang mete dan memiliki rasa yang enak dan gurih. Selain diolah menjadi kacang mete, buah jambu mete juga dapat dikonsumsi, lho.

Buah jambu mete kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga sangat baik dalam melawan penyakit. Bahkan, kandungan vitamin dari buah ini dapat menjadi obat alami untuk beberapa penyakit ringan, seperti pilek dan flu.

Buah jambu monyet yakni kacang mete mengandung lemak yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan kadar trigliserida tinggi yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Kelebihan kalori disimpan sebagai trigliserida di dalam tubuh.

Baca Juga: Dapat mencegah Kram Perut, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Kacang Mete Bagi Ibu Hamil

Mengonsumsi buah jambu mete juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Melansir dari laman Halodoc, ada beberapa manfaat jambu mete untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. Berikut ini penjelasannya.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Dalam jambu mete terdapat nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berperan sebagai penangkal segala macam penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan dalam jambu mete dapat menangkal radikal bebas penyebab segala macam penyakit berbahaya seperti kanker. Bahkan, kandungan kombinasi vitamin dan antioksidan yang terdapat dalam buah jambu mete dapat membantu mengatsi penyakit ringan seperti pilek dan flu.

2. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Gigi

Selain mengandung antioksidan, jambu mete juga tinggi magnesium yang baik untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Kombinasi fosfor dan magnesium dalam jambu mete sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Meskipun begitu, mengonsumsi jambu mete berlebihan juga tidak baik karena kelebihan fosfor juga dapat merusak tulang.

Baca Juga: Bisa Mengobati TBC Hingga Cacingan, Ini 5 Manfaat Tanaman Legundi bagi Kesehatan

3. Mencegah Anemia

Salah satu penyebab anemia adalah tubuh kekurangan zat besi. Buah jambu mete ini dapat menjadi sumber zat besi yang dapat mencegah anemia.

Jambu mete dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi buah jambu mete secara rutin dalam jumlah yang pas dapat membantu mencegah anemia atau kurang darah.

4. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat buah jambu mete adalah dapat mencegah kanker. Kandungan flavonoid dan antioksidan yang terdapat dalam jambu mete akan membantu tubuh membentuk pertahanan untuk melawan sel kanker. Dalam jambu mete juga terdapat tembaga yang dapat mengurangi sel bermutasi yang menjadi pemicu kanker.

Nah, itu dia beberapa manfaat buah jambu mete atau jambu monyet untuk kesehatan. Mengonsumsi jambu monyet secara rutin dalam jumlah yang pas tentu akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Claudia