blank
Ganjar bersiap memecahkan kendi berisi air, sebagai salah satu prosesi pelepasan produk UMKM yang akan diekspor. Foto: hms

BANYUMAS (SUARABARU.ID)– UMKM di Jawa Tengah kini telah naik kelas. Pendampingan dan dukungan Pemerintah Provinsi kepada pelaku UMKM, mulai menunjukkan hasil. Banyak produk UMKM Jateng yang sukses menembus pasar dunia.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, kembali melepas ekspor produk UMKM Jateng ke berbagai pasar dunia, pada Jumat (12/5/2023). Sebanyak tujuh kontainer yang memuat beragam produk UMKM senilai Rp 7,2 miliar, dilepas Ganjar di depan Hotel Java Heritage, Banyumas.

Tujuh kontainer itu berisi minyak atsiri, gula kelapa organik, bunga palm, sapu glagah, mi, soun, emping dan berbagai produk lainnya. Produk unggulan UMKM di Jateng itu, akan diekspor ke Amerika Serikat, Arab Saudi, Jepang, Cina dan Korea Selatan.

BACA JUGA: Unissula Dorong Dosen Menulis di Jurnal Terindeks Scopus

”Ini kabar menggembirakan, pendampingan pada UMKM ternyata sudah membuahkan hasil. Banyak aneka olahan produk UMKM yang kami dampingi berkelas dunia. Ini momentum agar UMKM kita naik kelas,” kata Ganjar.

Usai pandemi, kegiatan perdagangan Jateng khususnya ekspor, lanjutnya, sudah mulai bangkit. Pada triwulan pertama 2023 saja, neraca perdagangan Jateng mengalami surplus 708 juta dolar AS.

”Kalau ekspor ini ditambah, maka akan mengakselerasi kondisinya. Ini berita bagus, semakin banyak ekspor dari Jateng, dan ini berasal dari usaha kecil,” ucapnya.

BACA JUGA: Kuliah Pakar di USM, Hendarman Supandji: Tiap Tahun Kasus Tanah Meningkat

blank
Tujuh kontainer berisi produk UMKM yang dilepas Ganjar, akan diekspor ke berbagai negara. Foto: hms

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jateng, Ratna Kawuri menyatakan, mayoritas pelaku UMKM yang sudah ekspor produknya, merupakan dampingan Disperindag Jateng. Mereka tergabung dalam Export Coaching Program (ECP).

”Jadi di Dinas Perindag itu mempunyai satu jenis pelayanan atau fasilitas, memberikan coaching program untuk ekspor. Memberikan literasi dan sebagainya, kepada calon eksportir agar mereka paham pernik-pernik ekspor itu seperti apa saja. Dan teman-teman yang hari ini ekspor, adalah mereka yang mengikuti program itu,” jelasnya.

Seorang eksportir, Setya Widiastuti, mengaku sudah sejak 2011 menekuni bisnis gula kelapa kristal organik. Setelah mendapatkan pendampingan dari Pemprov Jateng, kini produknya laku keras di pasar internasional, khususnya di Amerika Serikat dan Eropa.

BACA JUGA: Jumat Istimewa Polsek Tawangharjo, Jalan Sehat Dilanjutkan Sarapan di Sawah Bersama Petani

”Di tahun ini saja, saya sudah ekspor 13 kontainer. Rata-rata kalau kondisi normal, per bulan bisa 4-6 kontainer saya ekspor. Pernah juga sampai 10 kontainer kapasitas 40 feet,” jelasnya.

Setya menambahkan, dukungan Pemprov Jateng agar UMKM naik kelas memang luar biasa. Iklim usaha dibuat kondusif, dan pelatihan serta pendampingan terus dilakukan.

Dorongan untuk meningkatkan kualitas produk sehingga bisa menembus pasar ekspor, juga terus dilakukan. Apapun kesulitan, pemerintah selalu hadir membantu para pelaku UMKM seperti dirinya.

”Saya juga sampaikan terima kasih pada pemerintah pusat, Pemprov Jateng dan pemkab, atas semua dukungannya. Setiap kami ada kesulitan, kami selalu dibantu. Apalagi dengan adanya mal pelayanan publik saat ini, respon setiap persoalan juga cepat sekali,” pungkasnya.

Riyan