blank
Petugas Lapas Kelas IIB Tegal tengah memeriksa bungkusan narkoba yang dilempar dari luar Lapas. Foto: Dok/Lapas

TEGAL (SUARABARU.ID) – Petugas Lapas Kelas IIB Tegal menemukan bungkusan narkoba yang dilempar dari luar tembok Lapas pada Rabu (10/5/2023).

Diketahui, usai dilaksanakan inspeksi mendadak (Sidak), petugas menemukan bungkusan barang haram narkoba tersebut. Atas kejadian itu selanjutnya Kalapas berkoordinasi dengan pihak Polres Tegal Kota.

“Lapas mendapatkan lemparan berupa bungkusan berisikan narkoba yang kami temukan pada pukul 05.00 WIB,” ujar Kepala Lapas Kelas IIB Tegal, Yugo Indra Wicaksi di Lapas Tegal, Jumat (12/5/2023).

Dikatakan bahwa bungkusan barang haram tersebut berisi berbagai jenis narkoba, antara lain narkoba jenis sabu, tembakau gorila dan pil psikotropika beserta alat-alatnya.

“Narkoba tersebut dibungkus dengan kondisi tertutup dipenuhi bungkusan-bungkusan seperti paket kecil berwarna hitam yang ditemukan oleh petugas dapur bernama Handoko,” ungkap Yugo Indra.

Yugo Indra menyebut, bungkusan narkoba itu dilempar dari luar Lapas dari sudut bagian timur Lapas yang terdiri dari 3 jenis paketan. Pertama, 2 paket sabu, kedua, 2 paket tembakau jenis gorila, dan paket ketiga, 2 paket berisi pil psikotropika.

Menurut salah satu mantan Napi narkoba yang tidak mau menyebut namanya dan sudah meninggalkan dunia narkoba beberapa tahun belakangan ini mengatakan, bahwa modus melempar bungkusan berisi narkoba dari luar Lapas merupakan pola yang sudah basi dilakukan.

“Jangankan gedung Lapas, toko-toko kecil sekarang saja sudah banyak yang menempatkan cctv, baik terang-terangan maupun tersembunyi,” kata mantan napi itu.

Selanjutnya kasus temuan pelemparan bungkusan narkoba ditindaklanjuti pihak Polres Tegal Kota.

Kasatnarkoba Polres Tegal Kota, Iptu Andi Susanto mengungkapkan, kita mendapatkan barang terlarang hasil temuan di Lapas Tegal yang dimungkinkan merupakan hasil lemparan.

“Terima kasih atas ketanggapan dari Lapas. Kami dari Satnarkoba Polres Tegal Kota akan menindaklanjuti untuk melakukan penyidikan dengan tim,” ujar Andi.

Ning S