blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pegiat durian Jepara tergerak untuk melestarikan durian purba Jepara. Pegiat durian Jepara dimotori oleh Isnul Abdi dan Wildan dengan didukung oleh Edi Sulton.

Salah satu perhatian dari pegiat durian Jepara ada kelangsungan durian Purba yang ada di Kecamatan Keling. ” Durian ini sudah berumur tua kurang lebih 4 generasi , diperkirakan sudah berumur 300 an tahun”, terang Isnul Abdi , Kamis 11/4/2023.

Bagi pegiat durian Jepara durian ini harus tetap dijaga dan dilestarikan sebagai warisan alam ataupun cagar alam ataupun heritage yang menjadi titipan untuk generasi masa depan.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pegiat durian Jepara untuk kelangsungan hidup durian Purba ini, salah satunya adalah pemupukan. ” Beberapa waktu lalu kami dapat dukungan pupuk dari pak Mulya Ahmad pakar pemupukan. Beliau memberikan bantuan pupuk dan tata cara pemupukan untuk durian Purba ini”, imbuh Isnul Abdi.

Namun perawatan bukan hanya pada pemupukan saja.” Ada perawatan lain selain pemupukan yaitu perawata pembersihan dahan dan pohon durian ini. naah ini yang paling mahal biayanya. Pohonnya besar dan tinggi jarang orang yang berani memanjat, ada yang berani namun minta ongkos tinggi sekitar empat jutaan”, terang Isnul.

Untuk hal ini Pegiat durian Jepara dan pemilik pohon sudah mekakukan berbagai upaya. ” Kami pernah meminta bantuan kepada Ketua yayasan durian Nusantara yaitu profesor Muhammad Reza Tirtawinata , Beliau sudah melaporkan kepada Direktur buah dan Flori dan Dirjen Holtikultura yang katanya akan menindaklanjuti kepada Dinas pertanian Jepara namun sampai sekarang belum ada kabar”,imbuh Isnul.

Meski belum ada kabar tentang lanjutan tersebut Isnul Abdi dan kawan-kawan tetap melakukan perawatan pohon durian Purba.

Senada dengan isnul Abdi, Edi Sulton berharap banyak pihak peduli dengan kelangsungan pohon durian di Jepara salah satunya pohon durian Purba ini. ” Negara lain seperti Malaysia boleh punya keunggulan durian seperti Musang king ochee dan sebagainya, Thailand punya Montong , Chanee dan sebagainya.

Namun Jepara punya durian yang sudah berusia ratusan tahun , inilah keunggulan yang harus kita rawat dan kita jaga. Ini warisan yang bisa kita kelola menjadi daya tarik tersendiri namun tentunya saya, Mas Isnul, mas Wildan dan pemilik pohon durian Purba tidak bisa sendiri dalam merawatnya, kami juga butuh bantuan pihak terkai dengan perawatan pohon durian purba ini menurut Profesor Reza Tirtawinata adalah salah satu pohon durian terbesar di Pulau Jawa agar tetap lestari, produktif sebagai bentuk keunggulan durian Jepara”, ujar Sulton.

Hadepe – Sltn