blank
Mahasiswa USM mengikuti TM dan Tryout Lomba ONMIPA PT secara online di gedung pascasarjana USM. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mahasiswa Universitas Semarang (USM) mengikuti Technical Meeting dan Try Out Lomba Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) Tingkat Wilayah pada 12 Mei 2023. TM dan Trayout ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaay, Riset, dan Teknologi secara online melalui zoom meeting.

Kegiatan ini diikuti seluruh penguruan tinggi di Indonesia yang terbagi 16 wilayah. Wilayah I adalah Sumatera Utara.Wilayah II terdiri atas Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampur. Wilayah III adalah DKI Jakarta (termasuk UI). Wilayah IV yakni Jawa Barat termasuk Depok, Bogor, dan Bekasi. Wilayah V adalah DIY. Wilayah VI Jawa Tengah. Wilayah VII Jawa Timur. Wilayah VIII yaitu Nusa Tenggara Barat dan Bali. Wilayah IX adalah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara. Wilayah X yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau. Wilayah XI Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara. Wilayah XIII Aceh. Wilayah XIV adalah Papua dan Papua Barat. Wilayah XV adalah Nusa Tenggara Timur. Wilayah XVI adalah Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

”Pada lomba ONMIPA ini USM mengirimkan 15 mahasiswa. Mereka adalah Dyna Maharani, M.Ali Akbar Sholahuddin, Dini Ade wulandari, Bagas Setyawan, Mohammad Adi Prasetyo, Nailul Hana Syarofanie, Aji Bayu Lejar Mahendra, Ribka Dewi Pertiwi, Annisa Maharani Rahmawati, Muhammad Abid A, Arinaldi Hakiki, Angelina Intan Maulidya, Fadhyl M Irhab Ra’uf, Benedictus Dimas Pamungkas Nasadit, dan Maulina Salma Faiz,” kata Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

Dia mengatakan, 15 mahasiswa USM mengikuti 4 bidang yang dilombakan di ONMIPA PT, yaitu Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika.

Mahasiswa yang mengikuti lomba ini adalah mahasiswa dari prodi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik untuk bidang Fisika dan Matematika. Kemudian Prodi S1 Teknologi Hasil Pertanian dari Fakultas Pertanian yang mengikuti lomba bidang Kimia dan Biologi.

“Kami berharap, setelah TM dan Try Out ini anak-anak dapat berlatih soal-soal sesuai bidangnya, sehingga dapat lolos ditingkat nasional,” ujarnya.

Menurutnya, materi yang akan dilombakan, pertama adalah Matematika yang terdiri atas Aljabar linier, struktur Aljabar, analisis real dan analisis kompleks. Kedua, materi Fisika yaitu mekanika klasik, elektrodinamika, termodinamika, dan fisika statistik, fisika modern dan mekanika kuantum. Ketiga, materi Kimia antara lain kimia anorganik, kimia fisika, kimia organik dan biokimia, serta kimia analitik. Keempat, materi Biologi terdiri dari biologi sel, genetika, biologi mlekuler, bioinformatika, dan bioteknologi, fisiologi dan metabolisme, biologi perkembangan, reproduksi dan perilaku, serta keanekaragaman hayati dan evolusi.

”Pada try out siang ini ada 25 soal yang akan diujikan dalam bentuk pilihan ganda.Untuk menghindari kecurangan pada saat lomba wajib menggunakan satu handphone sebagai kamera pengawas, dan peserta lomba menggunakan laptop masing-masing,”ungkap Mahasiswa Prodi Teknik Elektro USM, Arinaldi Hakiki.

Muhaimin