blank
Ketua DPD Partai Nasdem Superiyanto saat memberikan keterangan pers usai pendaftaran bakal caleg. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – DPD Partai Nasdem Kabupaten Kudus menegaskan akan fokus pada pemenangan Pemilu Legislatif 2024 mendatang. Meski dalam kesempatan yang bersamaan juga akan digelar Pilpres, namun prioritas utama yang akan dilakukan saat ini adalah upaya untuk meningkatkan perolehan suara Legislatif.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Ketua DPD Partai Nasdem Kudus, Superiyanto usai menyerahkan berkas pendaftaran bakal caleg DPRD Kudus ke KPU Kudus, Kamis (11/5).

“Fokus kerja kami adalah pemenangan Pemilu Legislatif. Meski Partai Nasdem juga mengusung capres Anies Baswedan, namun faktor tetangga sendiri, kemungkinan prioritas untuk Kudus lebih ke Legislatif. Untuk luar Jawa mungkin tidak masalah,”tandas Superiyanto.

Lebih lanjut, kata Superiyanto, dalam pendaftaran kali ini, total ada 45 caleg atau 100 persen dari kuota kursi DPRD yang disediakan. Selain itu, daftar caleg yang telah didaftarkan juga telah memenuhi kuota 30 persen perempuan.

Untuk target, Superiyanto mengatakan optimistis meraup 9 kursi. Target ini merupakan target realistis partai yang akan diusung di Pemilu 2024 mendatang. Di mana kekuatan penuh akan berada di Dapil Jekulo-Dawe.

”Di sana petarungnya bagus, paling tidak tiga kursi terpenuhi di dapil ini,” katanya, usai menyerahkan berkas pendaftaran 45 bakal calegnya.

Terkait pendaftaran bacaleg ini, Super mengatakan semua persyaratan sudah dilengkapi dengan baik. Sehingga berkas tersebut diterima oleh KPU Kudus. ”Apabila ada berkas yang kurang maka akan segera dilengkapi oleh tim kami,” tandasnya.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus Naily Syarifah menuturkan, bacaleg yang sudah mendaftar nantinya juga akan diberi keleluasaan untuk pindah nomor urut hingga pindah daerah pemilihan. Hal tesebut bisa berlaku sebelum ditetapkannya calon legislatif yang maju di pemilu 2024.

Ali Bustomi