blank
Ketua DPC PDIP Kudus Masan saat menyerahkan berkas pendaftaran bakal caleg DPRD Kudus ke KPU Kudus. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus mematok target kemenangan spektakuler dalam Pemilu 2024 mendatang. Partai berlambang banteng moncong putih tersebut siap meningkatkan 100 persen perolehan kursi dari 8 kursi menjadi 16 kursi di DPRD Kudus.

Penegasan tersebut sebagaimana disampaikan Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Kudus Achmad Yusuf Roni usai menyerahkan berkas pendaftaran bakal caleg PDIP untuk DPRD Kudus di kantor KPU Kudus, Kamis (11/5).

Yusuf menyebutkan, total ada 45 bakal caleg yang didaftarkan pada kesempatan tersebut. Jumlah tersebut termasuk  bakal caleg petahana yang saat ini masih menjabat sebagai anggota DPRD Kudus.

“Untuk pemilu 2024 kami mematok target menang spektakuler dengan peningkatan 100 persen suara dari 8 kursi menjadi 16 kursi,” kata Yusuf dalam konferensi persnya.

Menurut Yusuf, target peningkatan 100 persen suara tersebut bukannya tanpa alasan. Selain berdasarkan data survey, kiprah PDIP beserta seluruh anggota legislatif yang ada saat ini sudah cukup dirasakan oleh masyarakat.

“Anggota kami di DPRD selama ini merealisasikan apa yang selama ini mereka perjuangkan. Dan seluruh bakal caleg yang lain saat ini juga sudah bekerja turun ke bawah untuk sosialisasi demi kemenangan PDIP,”tandasnya.

Yusuf juga optimistis, pencapresan Ganjar Pranowo oleh PDIP juga akan membawa efek elektoral bagi partai. Dengan demikian, target peningkatan 100 persen kursi diyakini bisa diraih.

blank

Diiringi Barongan dan Terbang Papat

Dalam kesempatan tersebut, Yusuf mengatakan seluruh berkas pendaftaran sudah dinyatakan lengkap oleh KPU Kudus. Hanya ada sedikit hal yakni terkait perubahan Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2023 tentang ketentuan kuota perempuan yang harus diperbaiki di masa perbaikan mendatang.

“Alhamdulillah, semua berkas telah dinyatakan lengkap. Kalau ada perbaikan, nanti bisa dilakukan di masa perbaikan,”tandasnya.

Yang cukup unik, dalam proses pendaftaran ke KPU, rombongan DPC PDIP diiringi dengan kesenian terbang papat serta barongan Kudus. Tak hanya itu, sosok hanoman sang kera putih juga ikut hadir mengiringi rombongan menuju halaman KPU.

Menurut Yusuf, pelibatan kesenian tradisional dalam prosesi pendaftaran bakal caleg ini merupakan bukti bahwa PDIP sangat memperhatikan kesenian daerah.

“Budaya adalah yang menentukan peradaban manusia. Oleh karena itu, kedatangan rombongan kami turut diiringi oleh kesenian tradisional Kudus,”tandasnya.

Ali Bustomi