blank
Wakil Bupati dan Dandim 0707/Wonosobo saat ikut kerja bakti membangun jalan. Foto : SB/dok Prokompim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun 2023 di Desa Pasuruhan Watumalang Wonosobo dibuka Wakil Bupati M Albar bersama Dandim 0707 Letkol Inf Rahmat, SE MSi dan Kasi Intel Korem 072/PMK, Kolonel Inf Yogi Muhamanto.

Dandim 0707/Wonosobo menegaskan sasaran fisik yang dilaksanakan pada TMMD Tahap I kali ini yaitu pengerasan jalan berupa rabat beton dan rolak yang menghubungkan Desa Pasuruan dengan Kelurahan Wonoroto sepanjang 779 meter dengan lebar 2 meter.

“Sedangkan kegiatan non fisik berupa sosialisasi bela negara, wawasan kebangsaan dari Kodim 0707, sosialisasi Kamtibmas, narkoba serta peraturan berlalu lintas dan pembuatan SIM secara kolektif dari Polres Wonosobo,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, juga ada sosialisasi kesadaran hukum dan konflik pertanahan, sosialisasi pencegahan stunting pada anak dan pernikahan dini, sosialisasi pos bindu penyakit tidak menular (PTM), sosialisasi penguatan lembaga kemasyarakatan desa serta sosialisasi tentang kependudukan dan pencatatan sipil dan pembuatan KIA.

Letkol Inf Rahmat, SE MSi menambahkan alasan dipilihnya jalan penghubung Desa Pasuruhan dan Kelurahan Wonoroto ini adalah untuk memangkas jarak tempuh bagi masyarakat yang hendak ke kota Kecamatan untuk menuju pasar yang menjadi akses ekonomi bagi masyarakat.

“Dengan adanya perbaikan jalan tersebut diharapkan bisa memangkas jarak kurang lebih 10 kilometer. Masyarakat juga akan lebih mudah dalam akses hasil pertanian sehingga menghemat biaya operasional,” tandasnya.

Dengan akses jalan ini, menurutnya, masyarakat yang akan ke kota kecamatan yang sebelumnya harus memutar, nanti bisa memangkas jarak tempuhnya hingga 10 kilometer. Sehingga akses hasil pertanian yang akan dibawa ke pasar juga lebih mudah. Bisa menghemat biaya operasional.

Ekonomi Lancar

blank
Wakil Bupati Wonosobo saat menyapa masyarakat di lokasi TMMD. Foto : SB/dok Prokompim

Wabup M Albar menyampaikan apresiasi program TMMD yang menitikberatkan pada pentingnya akses jalan yang baik. Jika infrastruktur jalan memadai, maka aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang antar desa semakin lancar.

“Semoga kegiatan TMMD tersebut bisa menyatukan karsa dan berkarya dengan spirit persatuan dan kesatuan, gotong royong dan pemberdayaan masyarakat. Saya rasa sangat tepat, sehingga diharapkan melalui program ini arus ekonomi dapat semakin lancar,” tuturnya.

Wakil Bupati menegaskan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat desa dapat lebih digalakkan selama program ini berlangsung, bahkan selanjutnya, dalam merawat infrastruktur yang sudah dibangun tersebut.

Dikatakan, masyarakat juga diminta partisipasi dan membersamai  mengawal pembangunan baik fisik maupun non fisik dapat berjalan lancar, selesai tepat waktu, serta dapat bermanfaat secara optimal dan berkelanjutan.

“Saya harap partisipasi dan pemberdayaan masyarakat desa dapat lebih digalakkan selama program ini berlangsung, bahkan selanjutnya, dalam merawat infrastruktur yang sudah dibangun agar bisa digunakan dengan baik,” pintanya.

Pihaknya minta Camat Watumalang dan Kepala Desa Pasuruhan, untuk mengawal dan membersamai pelaksanaan TMMD ini. Mengawal pembangunan baik fisik maupun non fisik dapat berjalan lancar, selesai tepat waktu. Dapat bermanfaat secara optimal dan berkelanjutan.

“Sekali lagi saya tekankan, salah satu kunci utama keberhasilan pembangunan daerah, adalah dengan senantiasa menjaga semangat kebersamaan seluruh komponen masyarakat. Perlu adanya keberlanjutan kemitraan yang harmonis dan pengabdian terhadap daerah sesuai dengan kapasitas masing-masing,” pungkasnya.

Muharno Zarka