blank
Rescuer Kantor SAR Semarang mengikuti kegiatan Bimtek pertolongan di ketinggian. Foto: Dok/SAR

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Untuk mengasah ketrampilan dan pengetahuan, 30 petugas SAR (Rescuer) Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kansar) Semarang mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek).

Bimtek yang dilaksanakan yakni tentang pertolongan di ketinggian (high angle rescue technique).

Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari (8-12 Mei 2023) ini dilaksanakan di Goa Kiskendo Boja, Kabupaten Kendal, dengan instruktur SAR dari Kansar Semarang yang telah mempunyai pendidikan pelatihan (Diklat) instruktur dan Diklat lanjutan HART.

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto mengatakan, untuk materi yang diberikan antara lain terkait simpul, anchoring dan belaying, packing patient, Ascendin and Descending, lifting and lowwering, dan Mechanical Advanted System (MAS).

“Kegiatan ini adalah sebagai refresh bagi anggota lama, sekaligus sebagai pendalaman materi bagi anggota rescuer baru untuk regenerasi,” ungkap Heru, Kamis (11/5/2023).

Heru berharap dengan digelarnya Bimtek pertolongan di ketinggian ini, personil Kansar Semarang menjadi lebih terampil, lebih mendalami dan menguasai teknik.

“Diharapkan dengan digelarnya Bimtek ini, personil Kansar Semarang menjadi lebih trampil, lebih mendalami dan menguasai teknik, dapat bertindak cepat, dan selalu berpedoman pada keselamatan dalam pelaksanaan operasi SAR, khususnya di medan ketinggian dan lainnya,” pungkas Heru.

Ning S