blank

SUARABARU.ID Kebidanan Unissula menawarkan kualitas unggulan bagi calon bidan. Program studi tersebut resmi berdiri pada 23 Maret 2018 dan tergabung di Fakultas Kedokteran (FK). Saat ini Kebidanan menjadi satu-satunya di Indonesia yang telah terakreditasi Unggul oleh Lam PTKes.

Sebagai prodi yang terakreditasi Unggul, Kebidanan Unissula memiliki visi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dengan basis syariah. “Program Studi Pendidikan Profesi Bidan (PSPPB) FK Unissula ini memiliki visi yaitu menjadi program studi Pendidikan profesi bidan terkemuka untuk menghasilkan lulusan profesi bidan yang unggul dalam asuhan kebidanan berbasis syariah,” ungkap Rr Catur Leny Wulandari SSiT MKeb, Selasa (9/5/2023).

Kaprodi Kebidanan tersebut juga mengungkap bahwa banyak keunggulan yang ditawarkan. “Keunggulan prodi memiliki Rumah Sakit Pendidikan dan jejaring dengan rumah sakit, puskesmas, praktik bidan mandiri, dan desa binaan,” ungkapnya.

Selain itu Kebidanan Unissula menerapkan sistem pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Yaitu model pembelajaran yang melibatkan mahasiswa dalam suatu proyek untuk menghasilkan suatu produk. Menurut penjelasannya juga Kebidanan Unissula menggunakan metode Small Group Discussion (SGD), Basic Skill Training, Kuliah Pakar, dan praktik klinik.

Dengan metode tersebut terbukti menghasilkan lulusan yang berkualitas. Bahkan lulusannya hanya butuh kurang dari tiga bulan untuk mendapat pekerjaan. Diantaranya Praktek Mandiri Bidan, Homecare Mom and Baby Spa, Klinik Mom and Baby Spa, hingga Klinik Bekam.

“Kalau berbicara tentang prospek lulusan, mereka bekerja sebagai pemberi dan pengelola layanan kebidanan di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Kesehatan dan Praktek mandiri Bidan, penyuluh dan konselor, Pendidik, pembimbing dan fasilitator klinik, Penggerak peran serta masyarakat dan pemberdayaan perempuan, hingga peneliti,” lanjutnya.

Pihaknya juga melanjutkan bahwa bidan selalu ada dalam setiap siklus kehidupan manusia. “Kemudian berdasarkan UU No 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan bahwa tahun 2026 praktik bidan mandiri harus pendidikan profesi. Sehingga daftar kuliah di kebidanan Unissula adalah pilihan yang tepat, karena sudah terakreditasi unggul dan memiliiki laboratorium sangat lengkap,” ungkapnya.

Pendaftaran mahasiswa baru masih dibuka. Pendaftaran dapat dilakukan secara online di pmb.unissula.ac.id.