blank
– Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang, Prof Dr Ir Haslina Msi foto bersama para calon wisudawan dan wisudawati seusai Upacara Pelepasan Calon Wisudawan Ke-65 Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) yang diselenggarakan di Lantai 6 Gedung V Prof Ir Joetata Hadihardaja pada Minggu (7/5). (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang, Prof Dr Ir Haslina Msi telah melepas sebanyak 61 calon wisudawan dan wisudawati dalam Upacara Pelepasan Calon Wisudawan Ke-65 Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) yang diselenggarakan di Lantai 6 Gedung V Prof Ir Joetata Hadihardaja pada Minggu (7/5).

Dalam sambutannya, Haslina menjelaskan, dari 61 calon wisudawan dan wisudawati yang lulus, 13 di antaranya berhasil lulus dengan predikat cumlaude dan sisanya memiliki rata-rata nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,37.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses untuk wisudawan wisudawati yang tentunya ini bukanlah perjalanan yang mudah dalam menyelesaikan pendidikan, pasti ada dinamika rintangan. Untuk itulah hari kelulusan ini akan menjadi hari yang membahagiakan bagi adik-adik, orang tua dan juga almamater. FTP meluluskan 61 calon wisudawan dimana 13 di antaranya lulus dengan predikat cumlaude dan sisanya mempunyai rata-rata IPK 3,37,” ucapnya.

Lulusan wisudawan FTP USM terbaik diraih Ratna Ayu Puspita Dewi dimana keputusan ini diambil berdasarkan nilai IPK dan masa studi wisudawan yang berhasil lulus dengan masa studi 3,5 tahun.

Upacara Pelepasan Wisudawan FTP USM tersebut dihadiri Wakil Rektor I Bidang Akademik USM, Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Dekan Ir Dewi Larasati Msi, ketua jurusan, sekretaris jurusan, dosen, tenaga pendidik, calon wisudawan bersama dengan orang tua.

Haslina berharap, setelah calon wisudawan dan wisudawati mendapatkan gelar sarjana untuk tetap rendah hati, menjaga nama baik almamater, berintegritas, selalu menjaga norma-norma sosial dan nilai kebaikan, serta menjaga ikatan silahturahmi antara alumni dan fakultas.
“Setelah mendapatkan gelar sarjana, diharapkan alumni dapat berkontribusi aktif dalam mengembang ilmu pengetahuan khususnya dibidang teknologi pangan dan hasil pertanian. Saya berharap silahturahmi tetap terjaga antara alumni dengan fakultas karena kalian nanti akan masuk ke jajaran alumni IKA FTP USM dimana kalian sebagai duta yang berkontribusi dalam pengabdian kepada masyarakat di luar kampus. Saya berpesan untuk tetap rendah hati serta menjaga nama baik almamater, dan kami bangga dengan kalian “, terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP berpesan, para wisuawan tidak perlu patah semangat jika calon wisudawan berasal dari perguruan tinggi swasta. Sebab kemampuan kompetensi dalam diri adalah salah satu kunci keberhasilan dalam memperoleh pekerjaan meskipun bersaing dengan lulusan sarjana dari kampus lain.

“Pada saat anda telah diwisuda dan menjadi sarjana, saat itulah menjadi titik awal untuk memasuki dunia sesungguhnya dimana anda akan berkompetisi, bersaing dengan sarjana dari kampus lain. Pesan saya, tidak perlu patah semangat dan anda berasal dari perguruan tinggi swasta. Sebetulnya yang menentukan Anda berhasil diterima dalam suatu profesi itu adalah diri Anda sendiri. Tingkatkan komptensi dengan mencari pembelajaran yang lain yang dapat mendukung kompetensi anda dalam bersaing memasuki dunia kerja,” katanya.

Lebih lanjut, Sri Budi menjelaskan, keberhasilan memasuki dunia pekerjaan dari beberapa riset ditentukan di antaranya kejujuran, atitude, norma, memiliki integritas, disiplin, komunikasi dengan sesama kolega dan teman, keluarga hingga pasangan hidup yang saling memberikan dukungan.

Muhaimin