blank
Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM foto bersama peserta seusai Pelatihan Videografi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Konten Digital bagi Pelajar di SMA Kesatrian 2 Kota Semarang pada Senin (8/5/2023). (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Videografi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Konten Digital bagi Pelajar di SMA Kesatrian 2 Kota Semarang pada Senin (8/5/2023).

Kegiatan yang diikuti 30 siswa tersebut merupakan tugas pengabdian kepada masyarakat (PkM). Tim pengabdian yang dipimpin Favian Brian Fauzan tersebut beranggotakan, Muhammad Zidan Arifanto, Priyanka Rahaneta, Sherly Eleonora Leander, Tisalia Magdalena, Mentari Dina Fitri, Armanica Lanmart, dan Anissa Putri.

Kegiatan yang menghadirkan pemateri mahasiswa USM yang merupakan freelance videografer, Armanica Lanmart itu dihadiri pembina OSIS mewakili kepala SMA Kesatrian 2 Kota Semarang, Danu Aji Nugraha MPd.

Ketua Tim PkM, Favian Brian Fauzan mengatakan, tujuan kegiatan untuk memberikan wawasan tambahan kepada para peserta sekalian terkait dengan produksi konten digital dalam bentuk videografi.

“Di era digital seperti saat ini sangat penting untuk membekali dengan soft-skill digital sedari dini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pengabdian kami sebagai mahasiswa agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Selama mengikuti kegiatan ini, para peserta diberi materi tentang videografi lalu praktik membuat video di dalam lingkungan sekolah,” katanya.

Dia berharap, para peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dapat memanfaatkan ilmu yang diberikan untuk menghadapi dunia kerja.

“Kami apresiasi antusiasme para peserta serta SMA Kesatrian 2 yang telah menyambut baik dalam kegiatan ini. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat serta pengalaman bagi peserta sekalian,” pungkasnya.

Hal senada dikatakan Pembina OSIS SMA Kesatrian 2 Danu Aji Nugraha MPd. Menurutnya, pihaknya berterima kasih kepada mahasiswa USM yang membagikan ilmu yang didapatkan selama berkuliah ke siswa SMA Kesatrian 2.

“Kami memiliki akun media sosial dari berbagai platform seperti Instagram dan Tiktok yang berisi konten video digital. Semoga pelatihan semakin membekali para siswa untuk dapat menampilkan konten-konten menarik untuk ke depan,” tandasnya.

“Kami berharap, dari pelatihan ini para siswa tak hanya dapat mengetahui membuat konten yang bagus, tetapi juga dapat membuat konten yang bermanfaat serta berprestasi yang membanggakan,” harapnya.

Salah satu peserta, Rachel Ramadhan S mengatakan, ia sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

“Kegiatan berjalan dengan mengasyikkan. Banyak ilmu yang bisa didapat dan kami (peserta) dapat langsung mempraktikkan ilmu videografi yang telah didapat sehingga melekat pada diri masing-masing peserta. Semoga ke depan banyak kegiatan seperti ini. Maju terus USM Jaya!,” ungkap Rachel.

Muhaimin