blank

Oleh : Deny Ana I’tikafia

JEPARA (SUARABARU.ID) – Perhelatan akbar tingkat daerah, baik Muhammadiyah maupun Aisyiyah telah dipersiapkan sedemikian rupa dengan matang, demikian juga pada Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Jepara.

PDA Jepara akan melaksanakan Musyawarah Daerah (Musyda) selama 2 (dua) hari yaitu 13 – 14 Mei 2023 M di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Mayong Jepara, berdampingan dengan PKU Muhammadiyah Mayong Jepara.

Sarana dan prasarana sudah mulai dari penyiapan lokasi hingga pernak pernik pendukung untuk meriahkan acara.

Di balik itu semua, yang paling utama sesungguhnya adalah mempersiapkan para kader pimpinan perempuan tangguh berkemajuan yang akan berkiprah selama 5 tahun periode ke depan.

Mengacu panduan hasil muktamar Aisyiyah ke-48 bahwa ada 7 karakter Perempuan Berkemajuan, di antaranya: 1) iman dan takwa yang tidak hanya di dalam hati namun juga teraktualisasi secara nyata; 2) taat beribadah kepada Allah; 3) memiliki akhlak yang mulia sebagai wujud kesempurnaan iman; 4) berpikir tajdid yakni purifikatif dan dinamisatif; 5) bersikap wasathiyyah; 6) amaliyah shalihah atau perbuatan baik yang bebas dari unsur kemafsadatan dan mendatangkan kemaslahatan; 7) memiliki sikap inklusif yakni terbuka dengan siapapun.

Mencermatinya, point pertama ada makna mendalam dari panduan tersebut sangat penting direnungkan bahwa di Aisyiyah harus ada unsur jiwa kerelawanan untuk menjadi Aisyiyah yang tangguh

Tidak hanya sekedar bangga menjadi pimpinan, namun di tunggu kiprahnya dalam menuangkan inspirasinya .

Marilah bersemangat untuk mengkader, tidak hanya sekedar “euforia” ingin menjadi pimpinan, namun merencanakan apa yang akan diperbuat 5 tahun ke depan untuk memajukan pergerakan Aisyiyah .

Penulis adalah Koordinator Panitia Musyda Aisyiyah Jepara.