blank
Usai Apel Konsolidasi Pengamanan Lebaran 2023, personel Polres Kebumen dan Kpdim 0709 membentuk formasi kekompakan, Kamis 4/5.(Foto:SB/Humas Polres Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Operasi Ketupat Candi (OKC) atau operasi pengamanan mudik Lebaran 2023 di wilayah Polres Kebumen telah selesai dilaksanakan.

Operasi yang digelar selama 14 hari, dimulai tanggal 18 April hingga 1 Mei 2023 itu pun secara resmi telah ditutup.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat memimpin Apel Konsolidasi OKC 2023 di halaman Mapolres Jalan Tentara Pelajar mengungkapkan, secara umum situasi Kamtibmas di wilayah Kebumen berjalan kondusif.

“Apel Konsolidasi yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian proses manajerial yang penting untuk kita laksanakan, dalam rangka mengevaluasi seluruh kegiatan, sekaligus menutup rangkaian pengamanan Operasi Ketupat Candi 2023,”jelas Kapolres didampingi Dandim 0709 0709 Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, Kamis (4/5)

blank
Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menjadi Irup pada Apel Konsolidasi Pengamanan Lebaran di Mapolres, Kamis 4/5.(Foto:SB/Humas Polres Kebumen)

Pada Apel Konsolidasi yang juga diikuti personel Kodim 0709 Kebumen itu Kapolres juga menjelaskan beberapa kejadian menonjol selama pelaksanaan OKC.

Di antaranya, dua kasus ledakan petasan yang mengakibatkan satu korban meninggal dunia, dan satu korban lainnya mengalami luka serius.

Masalah petasan menjadi salah hal yang ditekankan Kapolres agar masyarakat Kebumen sadar jika budaya tersebut sangat berbahaya.

Kasus menonjol lainnya, 3 wisatawan terseret ombak pantai selatan Kebumen, dua diantaranya telah ditemukan meninggal, serta satu lainnya dinyatakan hilang.

Melalui kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRyD), Polres Kebumen total berhasil mengamankan 80,35 Kg serbuk petasan, 2.635 petasan jadi, serta jutaan butir petasan rawit dan saat ini telah dimusnahkan oleh Brimob Polda Jateng secara bertahap.

Selain itu, melalui KRyD Polres Kebumen berhasil mengamankan 742 botol miras berbagai merk, dan 2.243 ciu.

Terbongkarnya pabrik pembuatan minuman keras palsu di wilayah Kecamatan Sruweng juga menjadi salah satu kasus menonjol yang berhasil diungkap Polres Kebumen saat Bulan Ramadhan tahun ini.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh personel Polres Kebumen, Kodim 0709 Kebumen, Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen, serta segenap komponen masyarakat lainnya, yang ikut menyukseskan rangkaian pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah,”ujar Kapolres.

Komper Wardopo