blank
Kader PKS Wonosobo terus melakukan konsolidasi menjelang Pemilu 2024. Foto : SB/dok Humas PKS

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sesuai jadwal tahapan pemilu di KPU, mulai Senin 1 hingga Minggu 14 Mei 2024, tengah dimulai pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) oleh partai politik (parpol) ke KPU setempat.

Saat ini, semua parpol peserta Pemilu 2024 tengah getol mempersiapkan persyaratan Bacaleg yang akan bertarung menjadi calon wakil rakyat di DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota.

Tak ketinggalan, DPD PKS Wonosobo pun telah mempersiapkan persyaratan Bacaleg. Jika semua persyaratan sudah lengkap maka akan segera di upload di sistem Silon KPU dan persyaratan fisik Bacaleg diserahkan langsung ke KPU setempat.

Ketua DPD PKS Wonosobo Murkamtoro Prasetyo, Jumat (5/5/2023), mengaku partainya kini tengah melengkapi persyaratan Bacaleg sesuai dengan ketentuan yang ada. Bacaleg yang sedang dipersiapkan sekitar 45 orang dengan 30 persen unsur perempuan.

Curi Kursi

blank
Ketua DPD PKS Kabupaten Wonosobo, Murkamtoro Prasetyo. Foto : SB/dok Humas DPD PKS

“Kami akan berusaha mencari kursi yang hilang. Di Pemilu 2014 lalu PKS Wonosobo berhasil memperoleh satu kursi di DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 (Selomerto, Wonosobo). Sayang 1 kursi tersebut sempat lepas di Pemilu 2019,” keluh politisi yang juga seorang pengusaha itu.

Di Pemilu 2024 nanti, Murkamtoro menargetkan 3 kursi di DPRD. Kursi tersebut diprediksi didapat di Dapil I (Wonosobo, Selomerto), Dapil II (Kertek, Kalikajar) dan Dapil IV (Kalibawang, Kaliwiro dan Wadaslintang). Juga 1 kursi DPR RI di Dapil Jateng VI dan 1 kursi DPRD Provinsi di Dapil Jateng IX.

“Target tersebut dipandang cukup realistis melihat pergerakan kader dalam melakukan konsolidasi ke bawah. Para Bacaleg sejak awal sudah saya instruksikan untuk langsung terjun ke masyarakat guna mengenalkan PKS maupun Bacaleg sebagai peserta pemilu,” tegasnya.

Terkait wacana sistem pemilu proporsional terbuka maupun tertutup, pihaknya tidak mempersoalkannya. Sebab, para Bacaleg sudah mempersiapkan diri tanpa terpengaruh dengan sistem pemilu yang akan diterapkan oleh pemerintah di Pemilu 2024 nanti.

Muharno Zarka