blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kehadiran para pemimpin daerah ke desa-desa, efektif untuk memotivasi warga dalam membangun lingkungan. Kesaksian ini didengar dan dilihat langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko, saat memimpin kegiatan Safari Jumat ke Desa Slagi, Kecamatan Pakis Aji, Jumat siang (5/5/2023). Di kedua desa itu, Edy Sujatmiko didampingi sejumlah kepala perangkat daerah. Juga Ketua PMI Jepara, Sutejo SS

Meski berstatus mewakili Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, kehadiran Sekda beserta rombongan disambut antusias oleh warga dan jamaah Masjid Darus Salam.

blank
Sekda Edy Sujatmiko dan Kertua PMI Sutejo SS bersama dengan Takmir Masjid, Supar Imanto (tiga dari kanan) dan penerima bantuan

“Ada program pembangunan fisik dan nonfisik yang belum rampung. Kehadiran Pak Sekda menjadikan kami termotivasi merampungkannya. Sekalian mohon dukungan, arahan, dan pencerahannya,” kata Ketua Takmir Masjid, Supar Ismanto. Menurut Supar, dia bersama jamaah Masjid Darus Salam sangat tersanjung mendapati kunjungan tersebut.

“Ing atase wong desa wae. kok, dikunjungi rombongan petinggi daerah seperti ini,” tandasnya sambal menyebut beberapa kebutuhan masjid yang masih harus dipenuhi.

Menanggapi hal itu, Sekda Edy Sujatmiko mengatakan, kehadirannya bersama sejumlah kepala perangkat daerah merupakan wujud upaya pemerintah daerah membangun komunikasi dengan masyarakat. Meski komunikasi melalui perbagai portal dan media sosial berjalan baik, pertemuan langsung seperti melalui Safari Jumat, dia sebut tetap diperlukan.

blank
Sekda Edy Sujatmiko serahkan bantuan sosial RTLH

“Terkait pemenuhan berbagai kebutuhan masjid, silakan ajukan proposal. Mungkin ada yang bisa kami penuhi meskipun paling cepat tahun depan,” katanya.

Memanfaatkan momentum bulan Syawal, dia meminta maaf atas berbagai keluhan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah daerah

Dalam kegiatan itu, Sekda Edy Sujatmiko menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga setempat yang sebelumnya ikut berjemaat salat Jumat di masjid. Bantuan berasal dari lintas perangkat daerah dan lembaga di tingkat kabupaten. Dari Palang Merah Indonesia (PMI), diserahkan dua kursi roda untuk dua orang penerima dan bantuan sosial senilai Rp1 juta untuk 3 penerima. Dari Basnaz, Sekda menyalurkan bantuan berupa uang tunai untuk takmir masjid senilai Rp1 juta, serta bantuan logistik berupa 10 paket sembako.

Sekitar dua jam sebelumnya, dalam silaturahmi di Musala At Taqwa Desa Suwawal Timur, Kecamatan Pakisaji, Sekda Edy Sujatmiko juga menyerahkan sejumlah bantuan. Bantuan sosial rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim), dia berikan masing-masing senilai Rp15 juta untuk 2 penerima. Sedangkan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) diberikan bantuan berupa bibit alpukat, jambu air, dan durian masing-masing 25 batang. Sementara dari Basnaz, 10 paket sembako.

Di Suwawal Timur dan Slagi, Sekda juga memberi bantuan berupa sarung, mukena, dan Al-Qur’an masing-masing 5 buah untuk kedua rumah ibadah yang dikunjungi. “Untuk musala ini, silakan ajukan proposal perbaikan tempat wudu,” kata Edy Sujatmiko kepada pengurus musala dan warga Suwawal Timur yang hadir dalam acara silaturahmi di Musala At Taqwa.

Hadepe – bkpi