Warga bersama TNI dan Polri bergotong-royong menyingkirkan material longsran yang menutup akses jalan. Foto: Sapawi

KENDAL (SUARABARU.ID) – Sekitar  2.500 warga terisolasi akibat tanah longsor yang menutup akses jalan di Desa Kaliputih  Kecamatan Singorojo sepanjang 20 meter, setelah hujan deras yang mengguyur wilayah Kendal dan sekitarnya, Rabu 3 Mei 2023 petang.

Warga terpaksa memutar arah atau memilih menerobos akses jalan yang tertimbun longsor, untuk keluar dari Desa Kaliputih Kecamatan Singorojo.

Kamis 4 Mei 2023 pagi tadi, ratusan warga Desa Kaliputih dan anggota TNI-Polri, bergotong royong menyingkirkan material longsor yang menutup akses jalan utama Desa Kaliputih menuju desa-desa lainnya.

Sejumlah warga yang hendak melalui jalan harus  dibantu  warga yang sedang melakukan kerja bakti  menyingkirkan material longsoran itu.

Menurut Roni (46) warga setempat, tanah longsor terjadi pada Rabu petang setelah hujan deras mengguyur wilayah Singorojo. Menurut Roni, tanah yang longsor adalah tebing setinggi setinggi 30 meter, akibat hujan deras yang mengguyur Desa Singorojo dan sekitarnya sejak Rabu petang.

“Akibat kejadfian ini material longsor menutup jalan desa. Ada sekitar 2.500 warga Desa Kaliputih terisolasi,” kata Roni.

Menurut Roni, longsor ini baru pertama kali terjadi di Desa Kaliputih. Padahal bertahun- tahun hujan deras hampir terjadi setiap hari.