blank
PT PRPP kembali menghadirkan event Jateng Fair yang penyelenggaraannya di tahun 2023 mengangkat tema Inspiring Batik. Foto:hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jateng Fair 2023 kembali digelar pada tahun ini setelah melewati masa pandemi selama lebih kurang dua tahun, Kegiatan Pesta Rakyat yang tetap konsisten dalam mengangkat produksi unggulan Jawa Tengah yang akan dilaksanakan dari tanggal 30 Juni 2023 hingga 16 Juli 2023.

Kegiatan ini sendiri merupakan sarana promosi pembangunan di bidang usaha perdagangan, perindustrian, kerajinan rakyat dan juga mengangkat produk Pariwisata unggulan Jawa Tengah selain tentunya sebagai sarana hiburan dan rekreasi keluarga.

Mengangkat tema ‘Inspiring Batik’, tema tersebut berlatar belakang kondisi dimana beberapa daerah di Jawa Tengah sudah dikenal dunia sebagai daerah penghasil kain batik sekaligus dimana Batik sejak tahun 2009 ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Tema tersebut menginspirasi Jateng Fair untuk di desain dengan nuansa beberapa motif batik yang tentunya menggambarkan harapan, kebaikan, keindahan dan keberagaman masyarakat yang nantinya akan ditampilkan melalui dekorasi entry gate berupa motif batik Kawung dan Sidomukti.

Titah Listyorini selaku Direktur PRPP Jateng mengatakan, konsep kegiatan ini mengajak pengunjung untuk langsung menyaksikan produk-produk unggulan daerah seperti tempat wisata, kuliner maupun kerajinan tangan yang dikemas dengan konsep Magnificent, Insightful dan Entertaining.

Istimewanya lagi akan banyak atraksi menarik pada musim libur sekolah, Wahana Mainan Anak menawarkan banyak sekali penambahan wahana seperti balon udara, kora-kora, ombak banyu, dan sebagainya serta kegiatan kompetisi dan festival kesenian daerah juga festival musik yang dapat diikuti masyarakat umum.

“Ini salah satu strategi kita untuk menambah pengunjung dari kalangan keluarga yang sudah memiliki anak di masa liburan untuk diajak bermain sekaligus belajar,” ujar Titah.

Selain itu, untuk meramaikan kegiatan tersebut, puluhan artis baik nasional hingga lokal juga siap hadir menyajikan hiburan musik yang sudah dikenal bagi para penggemarnya di Kota Semarang.

Di antara yang diundang tampil seperti Kotak, Fourtwnty, Tipe X, GAC, Soegi Bornean, Guyon Waton, Sera ft Jihan Audy, New Monata Sodiq CS, Adella, Rebellion, Aftershine & Jono Joni, Pertelon Koplo dan masih banyak lagi sudah dijadwalkan untuk mengisi acara yang rencananya akan dibuka pada tanggal 30 Juni 2023 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selama tujuh belas hari pelaksanaan Jateng Fair 2023 ini, pengunjung dapat hadir dan meramaikan kegiatan ini. Dengan harga tiket terjangkau sebesar Rp. 25.000 (Senin-Kamis) dan Rp.30.000 (Jumat-Minggu) melalui aplikasi dolandolin dan blibli.com ataupun OTS.

“Jateng Fair diharapkan akan menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dan devisa negara di sektor pariwisata dan promosi. Selain itu, kegiatan yang kini digelar setahun sekali akan menjadi salah satu kalender event wisata tingkat Nasional,” pungkas Titah.

HERY PRIYONO