blank
Lauching Bacaleg di KPU Wonosobo ditandai dengan penerbangan balon udara. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo, Senin (1/5/2023), melakukan launching pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD pada Pemilu 2024 mendatang di halaman Kantor KPU serempat.

Launching bakal caleg ditandai dengan pelepasan balon warna-warni ke udara. Namun balon udara yang dilepas tidak bisa terbang bebas ke angkasa karena diikat dengan tali.

Pelepasan balon udara dilakukan bersama-sama oleh Bupati Afif Nurhidayat, Wakil Bupati M Albar, Ketua KPU Asma’ Khozin, Ketua Bawaslu Sumali Ibnu Chamid, jajaran Forkompimda dan perwakilan partai politik peserta Pemilu 2023.

Ketua KPU Wonosobo Asma’ Khozin melaporkan tahapan pemilu di daerahnya sudah berjalan 50 persen. Penyelenggara pemilu baik di tingkat PPS, PPK dan KPU sudah siap gass poll untuk penyelenggaraan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

“Hari ini, selain ada launching pendaftaran Caleg juga ada uji publik daftar pemilih sementara (DPS) di masing-masing desa/kelurahan maupun tiap PPS. Jika ada warga yang belum terdaftar di DPS bisa melapor ke PPS,” katanya.

Pendaftaran Bacaleg

blank
Jajaran Forkompimda, KPU, Bawaslu dan perwakilan Parpol di Wonosobo foto bersama usai launching pendaftaran Bacaleg. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurut Asma’, mulai hari ini, Senin (1/5/) hingga Minggu (14/5/2023), secara setentak telah dibuka pendaftaran Bacaleg untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Pendaftaran Bacaleg dilakukan oleh partai politik di masing-masing tingkatan ke KPU setempat.

“Pendaftaran dibuka mulai jam 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB di Kantor KPU Wonosobo. Khusus hari terakhir pendaftaran ditutup sampai pukul 00.00 WIB. KPU akan memberikan pelayanan kepada partai politik yang akan mendaftarkan Bacalegnya,” ujar dia.

Bupati Afif Nurhidayat mengapresiasi KPU setempat yang sudah siap gass poll untuk menyelenggarakan pemilu. Pemkab Wonosobo beserta jajarannya pun berusaha membantu KPU untuk melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2024 pada masyarakat.

“Waktu pelaksanaan pemilu sudah dekat. Kampanye bagi parpol dan caleg juga sangat pendek. Sehingga butuh kerja keras bagi penyelenggara dan peserta pemilu untuk melakukan sosialisasi secara massif ke masyarakat. Jangan sampai ada pemilih yang tidak tahu kapan pemilu akan dilaksanakan,” tegasnya.

Terkait pendaftaran Bacaleg, Afif akan berusaha koordinasi dengan pimpinan parpol untuk melakukan pendaftaran secara bersama-sama. Hal itu untuk menunjukan pada masyarakat bahwa parpol di Wonosobo kompak dan bersatu padu untuk mensukseskan Pemilu 2024 nanti.

Muharno Zarka