blank
Ilustrasi buah-buahan. Foto: Dok/pexels/Shersor

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu masih menjalani diet? Banyak hal yang mesti diperhatikan jika kamu tengah menjalani program diet.

Selain mengatur pola makan, menjaga kebutuhan gizi agar tetap seimbang juga perlu diperhatikan.

Salah satu jenis makanan untuk menunjang program diet adalah buah-buahan. Kandungan vitamin dan serat dalam buah-buahan sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap seimbang.

Namun, tidak semua buah-buahan baik dikonsumsi saat sedang diet. Beberapa diantaranya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Melansir dari Suara.com (laman WebMD), ada beberapa buah-buahan yang memiliki kandungan gula tinggi dan tidak disarankan untuk diet.

1. Mangga

Rasa mangga yang manis bercampur asam membuat buah satu ini banyak digemari oleh hampir semua orang. Namun perlu diperhatikan, bahwa mangga termasuk ke dalam buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami yang tinggi

Dalam satu buah mangga, setidaknya terkandung 46 gram gula. Angka yang cukup tinggi untuk orang-orang yang sedang menjaga berat badan.

2. Anggur

Buah yang cocok dinikmati saat musim panas ini ternyata juga memiliki kandungan gula alami yang cukup tinggi. Setidaknya dalam satu cup anggur, terkandung 23 gram gula alami. Tentu saja ini adalah angka yang cukup tinggi bagi orang-orang yang sedang diet

Namun, bukan berarti sepenuhnya mereka harus menghindari anggur, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam anggur diperlukan tubuh untuk membantu menjaga kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi beberapa anggur juga tidak masalah.

3. Ceri

Ceri sering ditemukan sebagai topping makanan. Ceri memiliki rasa yang cukup manis. Dalam satu cup ceri, setidaknya mengandung 18 gram gula alami. Jika tidak diperhatikan, mengkonsumsi buah ceri secara berlebihan dapat menimbulkan kenaikan berat badan. Ceri juga tidak direkomendasikan untuk penderita diabetes.

4. Buah pir

Buah yang tinggi kandungan air ini juga mengandung gula yang cukup tinggi. Dalam buah pir ukuran sedang setidaknya ada 17 gram gula. Jika kamu tengah menjalani program diet, usahakan untuk memakan beberapa potong buah pir saja untuk menghindari kenaikan berat badan.

5. Semangka

Beberapa iris semangka sebenarnya tidak masalah untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang. Namun perlu diperhatikan bahwa di dalam semangka terkandung kadar gula yang cukup tinggi. Setidaknya irisan sedang dari buah semangka mengandung 17 gram gula alami. Oleh karena itu, hindari makan semangka berlebihan jika kamu ingin menghindari kenaikan berat badan.

Itu tadi beberapa buah mengandung gula alami yang cukup tinggi. Meskipun begitu, buah-buahan tersebut tidak harus dihindari sepenuhnya, beberapa potong saja tidak masalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian dalam tubuh.

Ning S