blank
Foto dokumentasi ritual Bakda Kupat pada Lebaran Idul Fitri sebelum ada Pandemi Covid-19 di objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri.(Dok.Wisata Gajahmungkur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Ritual Bakda Kupat akan digelar Minggu besok (30/4) di objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Sekaligus untuk menutup Pekan Wisata Lebaran Idul Fitri 1444H/2023 M yang telah dilaksanakan sejak Minggu (23/4) lalu.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Wonogiri, Haryanto, dan Kepala Untik Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Wisata Kabupaten Wonogiri, Pardianto.

Ritual Bakda Kupat di Objek Wisata Tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri, telah diagendakan rutin dalam paket wisata Lebaran Idul Fitri. Tapi dalam perjalanannya, pernah absen tidak digelar selama dua tahun ketika terjadi Pandemi Covid-19.

Dulu, pernah digelar secara spektakuler. Sesaji ketupat, lebih dulu dibawa terbang memakai gantole oleh tokoh yang memerankan Prabu Gatotkaca (Satria Pringgondani). Ada yang diusung oleh kawanan kera dipimpin Tokoh Wanara Seta Palwagaseta atau Hanoman (Satria Kendalisada) memakai perahu dari perairan Waduk Gajahmungkur.

Kepala Disparpora Kabupaten Wonogiri, Haryanto, mengatakan, untuk ritual Bakda Kupat Minggu besok (30/4), akan ditandai hadirnya tumpeng ketupat yang disusun dari ketupat sebanyak 282 biji yang diisi dengan sejumlah kupon berhadiah dan disebar ke pengunjung.

Terbang Tandem

Diantaranya, ada kupon doorprize berhadiah terbang tandem paralayang take off dari Puncak Bukit Joglo dan landing di lapangan yang terletak di bibir barat Pantai Sendang Asri perairan Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Bersamaan itu kepada pengunjung disediakan hidangan menu kupat lauk opor sambel goreng, yang disantap sambil menyaksikan hiburan tambahan berupa pentas musik. Kata Haryanto, Bakda Kupat Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M besok, mengambil tema Hari Jadi Wonogiri Go Nyawiji Tahun 2023 yang genap Ke-282.

Kepala UPTD Wisata Kabupaten Wonogiri, Pardianto, menambahkan, ritual Bakda Kupat di objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur, akan diawali penyampaian sambutan dari Kepala Disparpora, kemudian dirangkai doa bersama dan pembagian menu kupat siap makan bagi pengunjung. Juga disebar ketupat berisi kupon berhadiah kepada massa pelancong.

Kata Pardianto, selama enam hari terakhir (23 sampai 28 April 2023) dalam event wisata Lebaran, objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri dikunjungi sebanyak 29.590 pelancong.

Bambang Pur