BLORA (SUARABARU.ID) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora mengadakan konferensi pers dengan awak media, terkait pengelolaan sampah secara mandiri, disampaikan langsung oleh  Kepala DLH Blora Istadi Rusmanto, ST., MM., bersama Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolaan Sampah, Pengendalian Bahan Berbahaya dan Beracun serta Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun DLH Blora, Bayu Himawan, ST., MM., di Ruang terbuka gedung DLH Jl. Gunung Wilis Blora. Jumat, 28 April 2023.

“Masih dalam Suasana Lebaran Ini, Saya Selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora, Sebelumnya menyampaikan minal aidzin walfaizin mohon Maaf Lahir batin,” ucap Istadi Rusmanto mengawali jumpa pressnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora Istadi Rusmanto menyampaikan  ada beberapa hal yang ingin disampaikan kepada rekan-rekan wartawan dan media, bahwa selama libur idul fitri 2023, petugas kebersihan, baik penyapu jalan maupun petugas TPA, tetap aktif melaksanakan tugas dan tidak libur. Tentunya, hal ini dalam rangka agar kebersihan dan kenyamanan kota tetap terjaga, apalagi banyak diaspora yang kemudian mudik dikampung halam tercinta di Kabupaten Blora.

“Kami sampaikan beberapa poin, selama mudik lebaran, terjadi peningkatan jumlah volume sampah yang masuk di TPA Kabupaten Blora yang rata-rata setiap hari 20,04 ton/hari, selama masa mudik lebaran, menjadi 28,183 ton/hari, ada peningkatan volume sampah sebanyak atau sebesar 8,143 ton/hari atau sebesar40,63%,” ungkap Kepala DLH Blora Istadi Rusmanto.

Untuk diperhatikan, lanjut Istadi Rusmanto, pada 13 hingga 14 Maret 2023, DLH telah menyelenggarakan Kongres sampah yang menghasilkan 7 rekomendasi.