blank
Ilustrasi pengaruh UV pada kulit. Foto: Dok/ Beautynesia

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kita sering beranggapan bahwa teriknya sinar matahari sebagai hal yang merugikan karena kandungan sinar ultraviolet. Sebenarnya ada juga manfaat dari sinar UV.

Melansir dari Suara.com (merangkum berbagai sumber), sinat UV bisa dikategorikan menjadi 5 berdasarkan angka indeksnya, yaitu:

Sinar UV kategori extreme: 11 indeks UV ke atas
Sinar UV kategori very high risk: 8 – 10 indeks UV
Sinar UV kategori high: 6 – 7 indek UV
Sinar UV kategori moderate: 3 – 5 indeks UV
Sinar UV kategori low: 0 – 2 indeks UV.

Masing-masing kategori sinar UV di atas bisa diurutkan memiliki risiko bahaya sangat ekstrem hingga rendah. Di Indonesia sendiri, titik tertinggi ada di indeks UV very high, yaitu antara jam 8 pagi hingga jam 2 siang.

Setidaknya, ada lima manfaat sinar UV bagi kehidupan sehari-hari. Apa saja? Simak!

1. Meningkatkan kualitas udara

Sinar UV meningkatkan kualitas udara dengan membunuh iritan yang menyebabkan penyakit seperti radang saluran sinus. Sinar UV melawan kontaminanl dari unit penanganan udara, insulasi fiberglass, dan jamur di udara.

Selain itu, sinar UV juga menghilangkan bakteri yang resistan terhadap obat di rumah sakit lebih dari 97 persen. Jadi, siapa bilang sinar UV selamanya merugikan?

2. Mencegah penyakit

Seperti yang disebutkan di atas, sinar UV membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan penumpukan organik pada pendingin ruangan sehingga membunuh patogen dan mikroorganisme.

Umumnya, kasus ini ditemui pada sistem HVAC yang mengedarkan udara ke seluruh ruangan rumah atau gedung. Jadi jika seseorang sakit, kumannya menyebarkan virus dan bakteri di udara ke anggota keluarga atau rekan kerja yang sehat.

3. Membasmi jamur

Kontaminasi jamur di ruangan berAC adalah masalah umum yang tidak dapat diabaikan. Ini bisa menyebarkan rinitis alergi, penyakit menular dan organisme penyebab asma serta penyakit lainnya.
Sinar UV membantu sistem pemurnian udara yang di rumah dengan menghilangkan jamur, kuman, bakteri, patogen, dan virus.

4. Memperkuat sistem imun tubuh

Sinar UV dari matahari dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D yang bisa memperkuat tulang, otot, dan sistem imun tubuh. Sinar UV juga menurunkan risiko beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar.

5. Membantu kondisi kulit tertentu

Sinar UV digunakan untuk mengobati kondisi kulit tertentu seperti psoriasis, dimana kulit melepaskan selnya terlalu cepat dan menimbulkan bercak bersisik yang gatal. Paparan sinar UV bisa memperlambat pertumbuhan sel kulit dan meredakan gejalanya.

Itulah beberapa manfaat sinar UV dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata, besar juga manfaatnya!

Ning S