blank
One way Tol Kalikangkung Semarang. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) hingga saat ini masih memberlakukan sistem “one way” untuk arus balik pemudik Lebaran 2023.

Yaitu dari arah timur ke barat mulai dari KM 414 Kalikangkung Semarang menuju KM 70 Tol Cikampek Utama.

Dikutip dari Suara.com, berdasarkan keterangan tertulis Korlantas, meski masa cuti bersama telah berakhir, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan pada Selasa (25/4/2023) menyatakan, Polri tetap memperhatikan situasi dan kondisi arus lalu-lintas.

Berdasarkan imbauan pemerintah, agar pemudik yang hendak kembali tidak balik berbarengan pada 24 dan 25 April 2023, dengan menunda kepulangan atau memberlakukan kerja dari rumah (WFH).

Dengan begitu, kemungkinan arus balik mudik akan terjadi setelah 24 dan 25 April 2023. Sehingga bila terjadi peningkatan maka disiapkan untuk dilakukan rekayasa lalu lintas guna menambah kapasitas jalan.

“Sangat memungkinkan rekayasa lalu lintas diberlakukan, kami melihat situasi realisasi arus melalui ‘traffic counting’ dan pemantauan CCTV,” jelas Dirgakkum Korlants Polri.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang hendak balik mudik saat melintas di jalur yang diberlakukan sistem satu arah (one way) agar memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, demi kelancaran arus lalu lintas. Khususnya ada perubahan posisi lajur utama, bahu jalan, dan “rest area” saat pemberlakuan sistem one way.

“Saat normal untuk jalur utama, bahu jalan, dan rest area tetap berada di kiri, begitu pula jalur darurat. Sedangkan untuk jalur one way, bahu jalan, jalur darurat, dan rest area berada di kanan,” terangnya.

Begitu pula untuk pintu keluar tol saat jalur one way akan berbeda pada saat jalur normal. “Saat jalur normal, maka pintu keluar berada di kiri jalan, sedangkan one way berada di sisi kanan. Perubahan ini berlaku selama pelaksanaan one way,” tambahnya.

Menurutnya, rekayasa menjadi jalur one way untuk memudahkan pengguna jalan apabila terjadi permasalahan pada kendaraannya.

Dengan begitu, mudah untuk dievakuasi dan keselamatan karena ada markah khusus garis tidak terputus.

Ning S