Ganjar memantau kesiapan Pos Pelayanan Lebaran 2023 di Terminal Mangkang, Semarang, Kamis (20/4/2023). Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Koordinasi yang rapi dari pemerintah pusat serta seluruh jajaran petugas di lapangan, membuat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, optimistis puncak mudik berlangsung lancar.

Hal itu disampaikan Ganjar, usai meninjau Pos Pelayanan Lebaran 2023 di Terminal Mangkang, Semarang, seperti dikutip laman Pemprov Jateng, Kamis (20/4/2023). Dikatakan dia, manajemen mudik yang terlaksana saat ini, pernah sukses dilakukan pada 2019 lalu.

”Waktu itu lumayan sukses. Kita tinggal replikasi,” ujarnya.

BACA JUGA: Kapolresta Magelang Berharap, Malam Takbir Serta Salat Id Berlangsung Khusyuk dan Aman

Salah satu sistem yang paling berpengaruh adalah penerapan one way, yang ditetapkan Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri.

”Model one way dan komando dari pusat itu begitu penting. Tetapi itu bisa on/off, sesuai dengan pantauan kita,” katanya.

Selain itu, fasilitasi mudik gratis juga terbukti mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Ganjar pun menganjurkan kepada pemudik untuk memilih transportasi umum.

BACA JUGA: YBM PLN UP3 Semarang dan IZI Salurkan 50 Paket Ramadan untuk Keluarga Dhuafa

”Memang asyik menggunakan sepeda motor. Tapi kalau kita melihat bagaimana padatnya kendaraan dan besar-besar, itu cukup membahayakan,” ucapnya.

Ditambahkan dia, keberadaan posko juga penting untuk pemudik. Selain bisa dimanfaatkan untuk beristirahat, posko pelayanan ini juga bisa dimaksimalkan untuk mengedukasi masyarakat.

”Kalau mereka butuh istirahat atau bertanya, kita bisa sampaikan. Tapi paling penting pesannya adalah, capek itu obatnya istirahat. Jadi tidak boleh dipaksakan,” tegasnya.

Ganjar sendiri mrngaku senang, karena beberapa pemudik yang ditemuinya, punya cara tersendiri untuk menghindari macet dan menghilangkan lelah. Kesadaran perilaku itu, yang membuat mudik menjadi aman sampai tujuan.

Riyan