Ganjar Pranowo bersama Prananda Prabw, Megawati, Hasto Kristianto, dan Puan Maharani saat pengumuman caln presiden dari PDI Perjuangan. Foto: Tangkapan layar youtube Kompas.com

BOGOR (SUARABARU.ID) – Ganjar Pranowo ditetapkan sebagai Calon Presiden dari PDI Perjuangan oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jakarta, pas Hari Kartini, Jumat 21 April 2023 di Batutulis, Bogor.

Ganjar Pranowo yang dalam kesempatan itu menerima pemasangan kopiah atau peci hitam di kepalanya oleh Megawati Soekarno Putri, mengucapkan terima kasih kepada Megawati, Presiden Joko Widodo, Puan Maharani, Hasto Kristianto, Pramono Anung, dan yang lain.

“Ini adalah sebuah keputusan yang diambil oleh Ketua Umum yang melalui proses yang sangat panjang sebuah kehormatan buat saya mendapatkan penugasan mereka di samping tentu ini tugas yang tidak mudah. Maka kiranya kawan-kawan yang hadir semua perencanaan maupun daring ada kepala daerah Ketua DPD perjuangan DPC, PAC, Ranting dan Satgas dan seluruh komponen partai yang lain kami mohon dukungan kami mohon kritikan saran,” kata Ganjar Pranowo setelah diberi kesempatan untuk menyampaikan pidatonya oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto.

Kata Ganjar, inilah momentum buat kita untuk menonsolidasikan kekuatan untuk bersatu. “Tentu ini bukan penugasan yang pertama dari partai ini. Awalnya sebelum masuk dalam jabatan publik kami pernah ditugaskan oleh partai untuk membentuk membidani lahirnya Badiklat pusat setelah itu partai juga memberikan penegasan kepada saya untuk ikut serta dalam melahirkan Badan Penanggulangan Bencana dan Departemen Otonomi Daerah,” kata Ganjar.

Megawati memasangkan kopiah/peci hitam ke kepala genjar Pranow. Foto: Tangkapan layar youtube Kompas.com

Baca juga Ganjar Pranowo Resmi Calon Presiden PDI Perjuangan

Setelah itu penugasan berikutnya diberikan kepadanya untuk menjadi anggota DPR sampai dua periode, kemudianmendapat penugasan sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode. “Dan hari ini Ibu Ketua Umum mengumumkan memberikan amanat kepada saya yang jauh lebih berat mudah-mudahan saya mampu Insyaallah dengan baik soal itu sebagai Calon Presiden Republik Indonesia,” ujar Ganjar.

Ganjar menegaskan, dia lahir dari PDI Perjuangan dan besar di partai ini dengan nilai-nilai kejuangan partai dengan semangat spirit dan inspirasi dari Bung Karno. “Tentu kita sebagai anak-anaknya bagi anak anak bangsa sangat menghormati mengikuti dan selalu menjalankan apa yang menjadi pemikiran beliau sebagai seorang pemikir politik,” ujarnya.

Ganjar mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Puan Maharani yang dalam penugasan politik menjadi panglima tempur, juga kepada Prananda Prabowo. “Kepada Ibu Mega, kami ucapkan terima kasih. Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim insyaallah kami akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Ganjar.

wied