Bupati Blora, serahkan bantuan pangan kepada warga Desa Bicak, Kecamatan Todanan, desa pinggiran tepi hutan. Foto: Kudnadi Saputro Blora.

BLORA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora bersama Perum Bulog Gudang Blora, menyerahkan cadangan beras pemerintah untuk diberikan kepada masyarakat kurang mampu di desa Bicak, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

Hadir Bupati Blora, Kepala Dinas Pangan Pertanian Perkebunan dan Perikanan Kabupaten Blora, serta Ketua Baznas, dan Forkopimcam Todanan, Kades Bicak, Winto, dalam Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk bantuan pangan 2023 yang disalurkan melalui Bulog tersebut, pada Selasa siang, 18 April 2023.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa (Kades) Bicak,Kecamatan Todanan Winto menyampaikan mewakili seluruh masyarakat Bicak, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Blora dan jajaran yang telah bersedia jauh jauh ke Bicak Todanan untuk menyerahkan bantuan.

“Desa kami ini desa kecil, dalam artian warganya tidak banyak. Jumlah KK-nya hanya sekitar 500-an. Karena tanah di sini berbatu, sehingga tidak bisa untuk tanam padi. Hanya kebun jagung dan buah. Kebanyakan warganya merantau ke Sumatra dan Kalimantan. Maturnuwun Pak Bupati atas perhatiannya untuk desa kami,” ucap Winto.

Kades Bicak berharap kedepan infrastruktur jalan Kabupaten ruas Kacangan – Bicak bisa dituntaskan agar akses menuju desanya semakin baik dan lancar.

“Kami siap untuk bersama-sama mengembangkan potensi desa,” ujar Kades Bicak, Todanan.

Dalam sambutannya, Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menjelaskan bahwa penyerahan bantuan pangan tahun 2023 ini sesuai arahan Presiden RI.

Agar beras cadangan pangan pemerintah yang ada di Bulog bisa disalurkan untuk masyarakat kurang mampu sebelum Lebaran 2023.

“Pada Jumat lalu penyaluran bantuan pangan berupa beras dari Bulog ini telah kami launching di gudang Bulog Jepon. Sehingga sekarang saya ingin melihat langsung penyerahannya ke masyarakat, saya sengaja pilih Desa Bicak ini sekaligus untuk meninjau pembangunan infrastruktur yang ada di Bicak,” ucap Bupati Blora.

Pembangunan Jalan Akses Bicak

Bupati Blora mengatakan bahwa Jumat lalu Pemkab Blora mulai menyalurkan bantuan pangan sebanyak 929 Ton ke seluruh wilayah Kabupaten Blora. Dimana untuk Desa Bicak dilaksanakan hari ini.

“Semoga bantuannya bermanfaat untuk masyarakat yang kekurangan, utamanya dalam menyambut Lebaran ini nanti. Begitu juga untuk takmir Masjid At Taqwa bantuannya bisa untuk memperbaiki sarana prasarana ibadah yang masih kurang,” ujar Bupati Blora.

Bupati Blora juga menyinggung pembangunan jalan Kabupaten yang menjadi akses masuk ke Desa Bicak dari arah Selatan yang baru saja dilewatinya.

“Tadi saya lewat dari Ketileng, Alhamdulillah sudah selesai dibeton jalannya hingga tanjakan. Tinggal yang rusak mendekati masuk desa. Sabar nggih, tahun 2023 ini sepertinya ada kelanjutannya, semoga bisa kita tuntaskan tahun depan. Bicak ini punya potensi wisata alam dan kebun buah jika dikembangkan dengan baik. Maka infrastruktur nya akan terus kita dorong secara bertahap,” ucap Bupati Blora.

Kehadiran Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., saat bersilaturahmi ke Desa Bicak, Kecamatan Todanan. Desa pinggiran tepi hutan yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Pati itu, didampingi Bulog, Kepala Dinas Pangan Pertanian Perkebunan dan Perikanan (DP4), serta Ketua Baznas, dan Forkopimcam ini, untuk menyerahkan bantuan pangan berupa beras cadangan pangan pemerintah yang disalurkan melalui Bulog itu.

Bersamaan dengan penyaluran bantuan Baznas berupa sembako dan bantuan untuk Takmir Masjid Al Taqwa Desa Bicak, Todanan.

Bantuan pangan berupa beras dari Bulog diserahkan Bupati Blora kepada 225 Keluarga Penerima Manfaat yang datanya masuk keluarga kurang mampu.

Sedangkan 20 paket sembako dari Baznas Blora diserahkan untuk para duafa.
Kudnadi Saputro