blank
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau GT Kalikangkung dalam Operasi Ketupat di wilayah Jawa Tengah. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jumlah kendaraan di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung meningkat hingga 300 persen.

Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Operasi Ketupat di GT Kalikangkung wilayah Jawa Tengah pada Selasa (18/4/2023).

Kapolri memprediksi angka tersebut akan semakin meningkat pada malam hari.

Berdasarkan hasil tinjauannya jumlah kendaraan yang melintas di GT Kalikangkung rata-rata mencapai 30 ribu per jam.

Menurutnya, jumlah tersebut akan mencapai puncaknya sekitar nanti malam dan besok. “Diperkirakan akan mencapai puncaknya sekitar nanti malam dan besok. Tahun lalu di angka 60 ribu,” ungkapnya.

Kapolri mengatakan, sebagai upaya memecah kepadatan, pihaknya telah memberlakukan sistem satu arah atau one way dari KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 GT Kalikangkung.

Sistem one way tersebut rencananya akan diberlakukan hingga pukul 24.00 WIB. Dan secara terpusat akan dikomandoi oleh Kakorlantas.

Kapolri menyebut, petugas di lapangan kemungkinan akan memberlakukan sistem one way lokal apabila kapasitas kendaraan yang melintas mencapai 60 ribu per jam.

Kapolri meminta Polda Jawa Tengah dan Korlantas Polri aktif menyampaikan informasi ke masyarakat setiap kali ada perubahan sistem di lapangan. Sehingga diharapkan tidak menimbulkan kemacetan.

Menurut Kapolri, evaluasi dilakukan agar perjalanan mudik masyarakat berjalan aman dan nyaman.

Ning S