blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kegiatan belajar mengajar di bulan Ramadhan dapat dialihkan bentuk dari belajar mata pelajaran ke belajar pendalaman ilmu agama Islam. Tujuan agar para siswa mendapat pengetahuan yang lebih tentang agama Islam.

Karena itu SMP Muhammadiyah memanfaatkan bulan Ramadhan dengan kegiatan yang disebut pesantren mulia. “Harapannya para siswa dapat memanfaatkan momen Ramadhan dengan kegiatan positif fokus pada peningkatan kualitas ibadah dan pengetahuan tentang agamanya,” terang Nur Hidayah selaku kepala sekolah SMP Muhammadiyah Keling

Nur Hidayah juga menjelaskan, pesantren mulia dikemas dengan pembagian kegiatan yaitu tadarus Al Qur’an , diskusi materi ramadhan dan khotmil qur’an,” ujarnya

blank

Kegiatan pesantren mulia ini dilaksankan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 13 -15 April 2023. Pembukaan dilaksanakan di Masjid An Nuur Muhammadiyan PCM Keling dan kegiatan materi di ruang kelas 7 untuk ihkwat/satriwati dan dikelas 8 dengan peserta laki-laki / ahwan dengan jumlah siswa 24 santri putri dan 40 santriwan.

blank

Nur Hidayah menambahkan mengenai tema, adapun tema yang disampaikan adalah memanfaatkan ramadan meraih pahala berlipat ganda dan indahnya saling memaafkan dihari pertama, kemudian hari kedua pergaulan remaja era digital dalam perspektif islam dan adap menghormati teman, guru dan orang tua .

blank

Serta dalam agenda di hari yang ke tiga dengan tema khotmil Al Qur’an. Khatam Al Qur’an ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, sebagai salah satu upaya untuk melihat sejauh mana kemampuan anak dalam membaca Al Qur’an untuk tingkat dasar dan terakhir untuk motifasi bagi anak/ siswa yang belum khatam.

” Tema tersebut sebagai bekal para siswa menjalani masa peralihan dari anak-anak ke remaja” pungkas Nur Hidayah.

Hadepe- Kusnitah