Sejumlah mahasiswa USM, baru-baru ini menggelar kegiatan workshop Digital Marketing untuk pelaku UMKM, yang dilakukan di Balai Kelurahan Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari. Foto: usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Dalam rangka mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di Kelurahan Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari, Semarang, kelompok mahasiswa Universitas Semarang (USM), belum lama ini mengadakan kegiatan workshop Digital Marketing.

Kegiatan ini dilakukan, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan dukungan bagi pelaku UMKM, agar dapat memanfaatkan media sosial dengan optimal, dalam memasarkan produknya. Hadir dalam kegiatan yang dilakukan di Balai Kelurahan Sawah Besar itu, 25 pengusaha dan pembina UMKM.

Ketua Panitia Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, Muhammad Faishal, dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, pentingnya pemanfaatan media sosial, sebagai sarana pemasaran yang efektif dan efisien bagi pelaku UMKM.

BACA JUGA: 10 Ribu Pemudik Siap Nikmati Mudik Gratis dari PLN

Sebanyak 25 pengusaha dan pembina UMKM yang ada di Kelurahan Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari, mengikuti workshop Digital Marketing yang digelar mahasiswa USM. Foto: usm

Dikatakan dia, dalam kegiatan itu dilakukan presentasi dan diskusi antara mahasiswa dan perwakilan UMKM. Para mahasiswa memberikan berbagai strategi dan tips, dalam memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk UMKM.

”Program yang diusung berupa kegiatan yang memiliki kaitan erat dengan dunia perekonomian saat ini. Dengan menghidupkan kembali UMKM di Kelurahan Sawah Besar yang sempat menurun, kegiatan penyuluhan ini kami harapkan dapat membantu para pelaku UMKM,” ujarnya.

Menurut Faishal, sosialisasi Digital Marketing ini, berupa penjelasan bagaimana cara memaksimalkan penggunaan marketplace di Facebook. Lalu, bagaimana cara mengambil video sederhana dengan menggunakan handphone, serta penulisan caption yang menarik bagi konsumen.

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas Diri Siswa, SD Muhammadiyah Kriyan Gelar Kajian Ramadhan

Beberapa pengusaha UMKM di Kelurahan Sawah Besar, terlihat sangat antusias atas materi yang dipaparkan. Terdapat juga beberapa pertanyaan yang diajukan, terkait strategi konten dan penulisan caption yang baik, di media sosial.

”Kami berharap, pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan perubahan yang positif dalam penjualan produk UMKM, dan memanfaatkan media sosial dengan baik,” terang dia.

Riyan