blank
Trend Pilihan Presiden (Terbuka). Foto: smrc

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dukungan publik pada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, kembali menguat. Sebelumnya, dukungan itu sempat mengalami kemerosotan, usai dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20.

Hal ini terungkap dalam survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Hasil survei ini dirilis pada Sabtu (15/4/2023).

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dalam presentasinya menunjukkan, dalam simulasi top of mind, Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan sebesar 16,5 persen, sangat dekat dengan perolehan suara Prabowo Subianto, 16,3 persen.

BACA JUGA: Sepak Bola, Sirkus yang Mengaduk Hati dan Mimpi…

Urutan selanjutnya ditempati Anies Baswedan 9,8 persen, Joko Widodo, 9,2 persen, Ridwan Kamil 1,6 persen, dan nama-nama lain di bawah 1 persen. Dalam format ini, masih ada 42,2 persen yang belum menjawab.

Deni menjelaskan, ada peningkatan suara Ganjar dari 13 persen di minggu pertama April 2023, menjadi 16,5 persen di minggu kedua April 2023. Sedangkan Prabowo mengalami pelemahan, dari 18,3 persen menjadi 16,3 persen di periode yang sama. Suara Anies Baswedan relatif stagnan, bergerak dari 10,7 persen menjadi 9,8 persen.

Dalam format semi terbuka, dengan daftar 30 nama dengan kesempatan bagi responden untuk menyebut nama lain di luar daftar itu, dukungan pada Ganjar semakin besar, menjadi 24,3 persen.

BACA JUGA: Pasar Payaman dan Terminal Secang Jadi Simpul Kemacetan

Lalu Prabowo 22,5 persen, Anies 15 persen, Ridwan Kamil 6,8 persen, Erick Thohir 2,8 persen, Mahfud MD 2,8 persen, Sandiaga Uno 2,3 persen, dan nama-nama lain di bawah 2 persen. Masih ada 14,6 persen yang belum menjawab.

Pada simulasi enam nama, Ganjar tetap memimpin dengan perolehan suara 26,8 persen, disusul Prabowo 25,4 persen, Anies 16,7 persen, Ridwan Kamil 13,8 persen, Mahfud MD 4,1 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen. Dalam simulasi enam nama ini, masih ada 11,1 persen pemilih yang belum menjawab.

”Secara keseluruhan, suara Ganjar yang sempat turun, mulai kembali menguat. Dukungan publik pada Ganjar mulai pulih,” kata Deni, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/4/2023).

BACA JUGA: Bawaslu Jawa Tengah Awasi Penyusunan Daftar Pemilih Sementara

Menurut dia, target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia, yang berusia 17 tahun ke atas, atau sudah menikah dan memiliki telepon, atau sekitar 79 persen dari total populasi Nasional.

Diterangkan dia, pemilihan sampel dilakukan melalui metode Random Digit Dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

”Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 1.216 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling,” ungkap dia.

Ditambahkannya, wawancara dengan responden juga dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang teah dilatih. Survei ini terakhir dilakukan medio Selasa-Jumat (11-14/4/2023).

Riyan