blank
Polresta Magelang melakukan latihan simulasi pergerakan personel saat pengamanan Lebaran, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Polresta Magelang melaksanakan latihan pra-Operasi Ketupat Candi (OKC) 2023. Bertempat di aula Polresta Magelang, Jumat (14/4/2023) pagi.

Latihan tersebut dipimpin Kabag Ops, Kompol Andre Bachtiar Winanomo. Diikuti para pejabat utama Polresta Magelang, para Kasat, Kapolsek jajaran, Kaposko dan personel yang terlibat operasi.

Kabag Ops menyampaikan bahwa kegiatan tersebut untuk menyatukan persepsi dan cara bertindak sebelum melaksanakan tugas di lapangan. Maka diharapkan dalam melaksanakan tugas dapat berjalan dengan baik sesuai standar operasional yang sudah ditentukan.

Selanjutnya dijelaskan bahwa di wilayah Polresta Magelang ada enam pos pengamanan, sebuah sub pos pengamanan terpadu, dan dua sub pos pengamanan.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa operasi dilaksanakan selama 14 hari mulai dari 18 April 2023 hingga 1 Mei 2023. “Personel yang terlibat berjumlah 477 orang,” jelasnya.

Dalam latihan tersebut selanjutnya para pimpinan posko dan satuan tugas, menerima petunjuk dan arahan dari para instruktur yang terdiri dari Kasat Intel dan Kasat Lantas. Terkait pelaksanaan tugas di lapangan, baik itu dalam kegiatan patroli, pos pengamanan, sub pos pengamanan, sub pos pengamanan terpadu, serta menjaga kamseltibcarlantas, agar tetap aman dan kondusif.

Di akhir latihan itu dilaksanakan tactical floor game. Yakni pemaparan untuk menyimulasikan pergerakan dari masing-masing petugas melalui peta Kabupaten Magelang. Dengan maksud menjadikan personel yang bertugas pada saat Operasi Ketupat bisa lebih profesional dan pelayanan kepada masyarakat bisa menjadi lebih maksimal.

Eko Priyono