blank
EVAKUASI - Tim SAR gabungan tengah mengevakuasi jenazah Mbah Poniman. (Foto: Istimewa)

BATANG (SUARABARU.ID) – Mbah Poniman (74) asal Petodanan Baru RT 06, RW 02 Kelurahan Proyonanggan Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah yang dilaporkan loncat dari jembatan dan tengelam di Sungai Sambong Kabupaten Batang pada hari ini Jumat 14 April 2023 pukul 13.20 WIB berhasil ditemukan dengan keadaan meninggal dunia.

“Korban berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan ke arah Utara jarak dari tempat kejadian kurang lebih 700 meter dalam keadaan meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Kalisari Kabupaten Batang,” ungkap Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto.

“Terima kasih kami ucapkan kepada tim SAR gabungan atas pelaksanaan operasinya , dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan tim yang terlibat kembali kesatuannya masing-masing,” tuturnya.

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya Kepala Kantor SAR Semarang Heru suhartanto menceritakan kronologi kejadian Kamis (13/04/2023) sekitar pukul 10.00 WIB saksi Wardi bin Kurdi (55) melihat korban melompat dari Jembatan Sambong jatuh lalu ke sungai Sambong dengan ketingian kurang lebih 8 meter dari permukaan air sungai Sambong.

Diduga korban mempunyai rewayat penyakit komplikasi dan putus asa dalam penyembuhan, sehingga sengaja menceburkan diri untuk mengakhiri hidupnya.

Pencarian tim SAR dengan mengoperasikan Aqua Eye untuk pendektesian sonar objek dibawah air dan dilanjutkan dengan penjaringan sekitar tempat kejadian dan penyisiran dengan perahu karet secara circle disekitar tempat kejadian.

Tim SAR gabungan dari Basarnas Semarang, BPBD Batang, Polair, Polsek , Koramil, Pemuda Pancasila, Kansus, SAR Arnavat, MRI dan Senkom Batang. Kedalaman sungai Sambong kurang lebih 4 meter dengan lebar mencapai 30 meter.

Sutrisno