Bupati Indrata Nur Bayu Aji (kanan berpeci) menyalami pelaku UMKM yang menjajakan produk kulinernya di desatinasi wisata baru Pawon Pamong di Punung, Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Berangkat dari gagasan menciptakan konsep wisata lokal, Pemerintah Desa (Pemdes) Punung, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jatim, membangun destinasi hiburan dan rekreasi baru.

Destinasi baru itu diberi nama Pawon Pamong, dilengkapi dengan tempat pemancingan ikan dan fasilitas lain untuk menarik pelancong.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, objek wisata tersebut langsung mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat, terutama warga yang memiliki hobi mancing.

Berlokasi di Rest Area Desa Punung, Pawon Pamong, diresmikan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji), Rabu (12/4). Tidak hanya kolam pancing, Pawon Pamong juga memadukan konsep agrowisata, karena juga ada ruang budidaya tanaman sayuran dengan teknik hidroponik.

Pengelola juga menyediakan ruang untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang menyajikan berbagai produk kuliner. ”Apresiasi untuk Pak Kades Punung, yang dengan ide cemerlangnya dan niat baiknya, mudah-mudahan memberi manfaat bagi masyarakat luas,” tegas Bupati Indrata Nur Bayu Aji.

Kata Bupati, tidak harus sama persis, inovasi seperti ini kiranya bisa dikembangkan di desa-desa lainnya di Kabupaten Pacitan. Sehingga akan tercipta jejaring yang kuat, yang tidak hanya menarik wisatawan lokal, namun juga para pelancong dari luar Pacitan.

Jika konsep ini bisa berjalan, tambah Bupati, maka perputaran ekonomi akan berjalan dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Peresmian Pawon Pamong di Punung, Kabupaten Pacitan, ditandai dengan pemotongan tumpeng serta penaburan benih ikan di kolam pemancingan.

Bambang Pur